Universitas Jenderal A. Yani Lakukan Asesmen Lapangan Pada Program Studi D3 Kebidanan

Universitas Jenderal A. Yani Lakukan Asesmen Lapangan Pada Program Studi D3 Kebidanan

(Humas Unjani) – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi, Universitas Jenderal A. Yani melaksanakan asesmen lapangan pada Prodi (Program Studi) D3 Kebidanan FITKes (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan). Acara ini diselenggarakan secara hybrid (online dan offline) di Ruang Rapat FITKes Universitas Jenderal A. Yani pada hari Senin (25/10) pagi, dan akan dilaksanakan hingga hari Rabu (27/10). Ini merupakan asesmen lapangan perdana bagi Prodi D3 Kebidanan setelah STIKES (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Jenderal A. Yani melebur ke Universitas Jenderal A. Yani menjadi FITKes.

Pada kesempatan ini, Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D, berkenan hadir dan memberikan sambutan secara virtual melalui Zoom Meeting. Dalam sambutannya Rektor menyampaikan, “Universitas Jenderal Achmad Yani sangat memperhatikan fakultas yang baru yaitu Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan. Sehingga dari pihak Yayasan Kartika Eka Paksi mendahulukan pembangunan kampus FITKes.” Rektor juga menambahkan, “Kami berharap bahwa FITKes terus bisa mengembangkan diri karena, terus terang, Bapak Kasad langsung turun tangan di dalam pembenahan, perbaikan terhadap Universitas Jenderal Achmad Yani berikut fakultas-fakultasnya.”

Rektor juga menyampaikan bahwa TNI Angkatan Darat memiliki fasilitas kesehatan yang bisa digunakan oleh para mahasiswa, khususnya FITKes disamping Fakultas Kedokteran dan Farmasi untuk kegiatan magang atau on the job training. Selain itu juga bisa digunakan oleh para dosen untuk melakukan penelitian. Rektor juga berharap kegiatan asesmen lapangan ini dapat bermanfaat sangat besar bagi Universitas Jenderal A. Yani dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Selanjutnya merupakan sambutan dan presentasi dari Dekan FITKes Universitas Jenderal A. Yani, Kolonel CKM Purn. Gunawan Irianto, dr., M.Kes (MARS), dan selanjutnya oleh Dr. Budiman, M.Kes., MH.Kes, selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik.

Acara masuk ke bagian inti yakni asesmen lapangan yang dilakukan oleh dua asesor, Idah Ayu Wulandari, S.Si.T., M.Keb dan Dr. Esti Nugraheny, S.S.T., M.Kes. Paparan presentasi disampaikan oleh Ketua Prodi D3 Kebidanan, Ati Nurwita, SST., M.Keb. Dalam presentasinya, Ati menyampaikan visi Prodi D3 Kebidanan yakni menghasilkan bidan yang inovatif dan unggul dalam Asuhan Kebidanan secara komprehensif di komunitas tahun 2032.

Pada tahun akademik 2019/2020, Prodi D3 Kebidanan memiliki kekuatan sebanyak 218 mahasiswa. Selain itu, prodi ini juga telah menjalin kerjasama dengan 91 instansi dari dalam dan luar negeri. Instansi tersebut antara lain Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten, AIPIKIND dan IBI, Universitas dan SMA, Rumah Sakit yang tersebar di Jawa Barat, Puskesmas, Klinik, Praktik Bidan Mandiri, dan University of Malaya (Malaysia).

Kegiatan asesmen lapangan juga dihadiri oleh Usman Sastradipraja, S.E., M.M., Ak., C.A., C.P.T.T. (Kepala SPM Universitas Jenderal A. Yani), Cucu Wahyudin, S.T.P, M.T., ASEAN Eng. (Kepala SPM Eksternal), Rasta Supriatna, S.T. (Kepala SPM Internal), Oop Ropei, S.Kep.,Ners.,M.Kep.,Ns.Sp.Kep.Kom (Kepala Satuan Pengendali Mutu FITKes), Wakil Dekan II dan III FITKes, serta jajaran Ketua Prodi di lingkungan FITKes Universitas Jenderal A. Yani.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *