Universitas Jenderal A. Yani Kembali Mengadakan Virtual Career Day dan Webinar

Universitas Jenderal A. Yani Kembali Mengadakan Virtual Career Day dan Webinar

(Humas Unjani) – Universitas Jenderal A. Yani melalui Career Development Center (CDC) kembali mengadakan virtual career day dan webinar secara virtual melalui Zoom Meeting dan membahas tema Sertifikasi Kompetensi di Dunia Kerja. Virtual career day atau job fair virtual ini merupakan implementasi dari MoU yang telah dilakukan oleh Universitas Jenderal A. Yani dengan perusahaan – perusahaan.

Perusahaan yang hadir pada acara ini merupakan perusahaan yang intens bekerjasama dengan Universitas Jenderal A. Yani. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (26/10) pagi dan diketuai oleh Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Arlan Siddha, S.IP., MA. Pada webinar ini, CDC Universitas Jenderal A. Yani menghadirkan Ardhi Ridwansyah, SE., M.Si., CPC, CPM (Associate Dean, MarkPlus Institute) sebagai pemateri.

Acara dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D dan memberi sambutan. Rektor menyampaikan, bahwa dunia kerja itu kejam, karena harus berkompetisi dengan banyak sumberdaya manusia. Kejam karena kita tidak bisa mengharapkan bantuan dari orangtua, dari universitas, dan harus dapat memberikan sesuatu yang berbeda agar dapat unggul.

Selanjutnya, acara masuk ke bagian inti yakni paparan dari pemateri dan dimoderatorkan oleh Rahardianto, SE., M.Si (dosen Manajemen FEB Universitas Jenderal A. Yani). Menurut Rahardianto, sertifikasi sangat diperlukan dalam dunia kerja. Setidaknya harus dapat memiliki satu sertifikasi pada bidang yang diminati.

Dalam paparan dari Ardhi Ridwansyah, beliau menyampaikan kompetensi adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standarisasi yang diharapkan. Pada dasarnya, kompetensi merupakan sebuah modal yang dibutuhkan untuk mendapatkan suatu pekerjaan, terbagi menjadi knowledge, skill, dan attitude. Hal ini juga yang menjadi dasar penilaian atau pengukuran dalam sertifikasi kompetensi. Apabila dinyatakan lulus ujian kompetensi, maka akan mendapatkan Certificate of Completion.

Maka dari itu, dengan adanya sertifikasi kompetensi, dapat menjadi penghubung atau jembatan bagi lulusan terbaru memiliki nilai tambah di mata perusahaan.

Setelah webinar, acara yang dihadiri oleh kurang lebih 450 peserta dilanjutkan dengan job fair secara virtual. Terdapat setidaknya 17 perusahaan yang mengikuti kegiatan ini.

Perusahaan-perusahaan tersebut yakni:

  1. Chitose International TBK
  2. Kimia Farma – Apotek Ub. Bandung
  3. Pragma Informatika
  4. Aditama Finance
  5. PI Indah Jaya Express
  6. Ruang Raya Indonesia
  7. Asuransi Etiqa International Indonesia
  8. Gistex Textile Division
  9. Kapsulindo Nusantara
  10. Prisma Surya Gemilang
  11. Medion Farma Jaya
  12. Evermos
  13. Abadi Bintang Cemerlang Mandiri
  14. Dialogue Group
  15. Mandiri Utama Finance
  16. Apotek Kita
  17. Agung Podomoro Land Bisnis Unit Bandung

 

Penulis: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *