FITKes Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Kesehatan Internasional

FITKes Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Kesehatan Internasional

(Humas Unjani) – Universitas Jenderal A. Yani melalui Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan (FITKES) turut berperan serta dalam pembangunan dan peningkatan kualitas kesehatan.

Maka dari itu, FITKes Universitas Jenderal A. Yani menyelenggarakan THE 4th INTERNATIONAL SEMINAR ON GLOBAL HEALTH (ISGH 4th) yang dihadiri pemateri dari bebagai negara antara lain Malaysia, Taiwan, Arab Saudi, dan Australia. Acara dilakukan secara online melalui Zoom Meeting dan dilaksanakan pada hari Kamis (28/10) pagi.

Ini merupakan kali pertama FITKes mengadakan webinar internasional setelah melebur ke Universitas Jenderal A. Yani. Sebelumnya FITKes merupakan sebuah sekolah tinggi yang berdiri sendiri dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Jenderal A. Yani.

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana ISGH 4th, Asep Badrujamaludin, MN., RN. dan dilanjutkan oleh Dekan FITKes Universitas Jenderal A. Yani, Kolonel CKM Purn. Gunawan Irianto, dr., M.Kes (MARS).

Kegiatan ISGH 4th dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D. Dalam sambutannya Rektor menyampaikan, “The topic is very important. Because, this is where we can discuss various things about our experience in handling the Covid-19.” Rektor juga berharap, melalui webinar ini, kita dapat belajar satu sama lain dan memiliki pengetahuan untuk deal dengan Covid-19.

Acara masuk ke bagian inti dengan dimulai oleh Keynote Speaker, Dr. Sugiyanto, S.Pd.M.App.Sc, yang hadir secara virtual mewakili Menteri Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, yang berhalangan hadir. Selain itu, juga disampaikan orasi ilmiah tentang The Role of Technology in The Health Research. Orasi ini disampaikan oleh dosen Prodi Kebidanan, Dr. Noviyanti, S.ST., M.Keb.

Selanjutnya, kegiatan merupakan paparan dari setiap pemateri. Mulai dari Prof. Dr. Mhd Nazil Salleh (PICOMS International University College, Malaysia), Dr. Usman Iqbal (Taipei Medical University, Taiwan), Dr. Suzzane Shepard-Law dan Dr. Deborah Debono, Ph.D (University of Technology Sydney, Australia), dan terakhir Dr. Howeida A.A. Fouly (King Saud bin Abdul Azis University for Health Sciences, Arab Saudi).

Acara webinar ini dihadiri oleh lebih dari seribu peserta dan bukan hanya webinar. Dalam acara ISGH 4th FITKes Universitas Jenderal A. Yani juga mengadakan lomba oral presentasi dan poster ilmiah. Tujuannya adalah untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang kesehatan yang telah dilakukan.

 

Penulis: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *