Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani dalam Peningkatan Derajat Kesehatan dan Ekonomi Masyarakat Cimahi

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani dalam Peningkatan Derajat Kesehatan dan Ekonomi Masyarakat Cimahi

(Humas Unjani) – Sejalan dengan Tri Darma Perguruan Tinggi, salah satunya merupakan pengabdian masyarakat, dimana pengabdian masyarakat ini akan langsung dirasakan oleh masyarakat. Pengabdian masyarakat ini memberikan hasil yang positif, sehingga terus dilakukan sebagai salah satu bentuk bakti perguruan tinggi pada masyarakat.

Dalam hal ini pengabdian masyakarat, kesehatan dan ekonomi adalah salah satu faktor yang mendukung terciptanya masyarakat yang sehat baik secara fisik dan mental. Agar masyarakat dapat hidup sehat diperlukan penyuluhan, sosialisasi, edukasi, keterampilan dalam meningkatkan taraf kesehatan dan ekonomi masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut, para mahasiswa yang terdiri dari berbagai kelompok, Program Studi Profesi Apoteker angkatan 30 Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani mengadakan program pengabdian masyarakat, secara hybrid (daring dan luring) dengan dibimbing para dosen di lingkungan Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 20 – 26 Oktober 2021, disekitar daerah Cimahi dan bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Achmad Yani.

Dekan Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Dr. apt. Afifah B. Sutjiatmo., M.S, mengatakan bahwa program pengabdian masyarakat ini dilakukan di daerah sekitar Cimahi agar dampaknya dapat dirasakan langsung kepada masyarakat di daerah sekitar Cimahi, yang merupakan salah satu bukti nyata, bakti Universitas Jenderal Achmad Yani kepada masyarakat di lingkungan sekitar Unjani. Meskipun tidak menutup kemungkinan, program pengabdian masyarakat ini akan lebih luas lagi.

Harapan dari kegiatan ini adalah dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama pada masa pandemi seperti sekarang ini. Adapun berbagai tema pengabdian masyarakat yang diberikan adalah mengenai penggunaan antibiotik, pembuatan sabun padat. penyalahgunaan obat, cek kosmetik, pembuatan hand sanitaizer, manfaat vaksin, cara mencuci tangan, bahaya boraks, cek tekanan darah, pola hidup sehat, pentingnya vitamin, cara memilih suplemen, cara meningkatkan imunitas, dan minuman herbal.

Sebagai salah satu universitas terbaik di Kota Cimahi, Universitas Jenderal Achmad Yani, dalam hal ini Fakultas Farmasi, dapat berperan langsung dan berperan aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan serta ekonomi dilingkungan sekitar daerah Cimahi.

 

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *