FKG Universitas Jenderal A. Yani Laksanakan Kegiatan Penyuluhan untuk Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi

FKG Universitas Jenderal A. Yani Laksanakan Kegiatan Penyuluhan untuk Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi

(Fakultas Kedokteran Gigi) – Pada masa pandemi Covid-19, akses untuk ke fasilitas kesehatan menjadi terbatas karena jumlah kunjungan dari masyarakat dibatasi. Kemudian, protokol kesehatan seperti memakai masker dan membawa hand sanitizer yang sesuai dianjurkan oleh badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) harus tetap diperhatikan dan diterapkan selama masa pandemi.

Namun, tak kalah penting juga selain tetap menjaga kesehatan tubuh dan tetap mematuhi protokol kesehatan, menjaga kesehatan gigi dan mulut juga sangat penting. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan 57,4% penduduk Indonesia bermasalah gigi dan mulut. Dari seluruh penduduk, sekitar 88% mengalami karies gigi dan 74,1% mengalami penyakit periodontal. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut juga tak kalah penting untuk mencegah penyakit gigi dan mulut.

Maka dari itu, tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan bekerjasama dengan LPPM Universitas Jenderal A. Yani, pada Selasa (16/11) melaksanakan kegiatan pengabdian di Desa Mekar Saluyu, Kabupaten Bandung Barat. Materi yang diberikan yakni mengenai bahan-bahan alam yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut di masa pandemi Covid-19.

Sasaran dari kegiatan ini adalah warga Desa RW 05 Mekar Saluyu. Masyarakat menyambut dengan baik kegiatan ini dengan berbondong-bondong datang ke Posyandu RW 05 Desa Mekar Saluyu yang merupakan tempat dilakukannya pengabdian masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa pemaparan mengenai bahan alam yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut oleh mahasiswa FKG Universitas Jenderal A. Yani. Selain itu, untuk memberikan gambaran bahan alam apa saja yang dapat digunakan, mahasiwa FKG Universitas Jenderal A. Yani membawa sampel bahan alam dan diperlihatkan kepada masyarakat.

Ketua pelaksana pengmas, Dr. Euis Reni Yuslianti, drg., M.Kes., berharap dengan adanya pemaparan mengenai bahan alam untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut di masa pandemi Covid-19 dapat bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga diharapkan masyarakat dapat tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan bahan alam yang relatif lebih mudah dicari. Setelah kegiatan pemaparan, dilanjutkan dengan pemberian pasta gigi yang mengandung bahan alam madu rambutan untuk kesehatan gigi dan gusi serta dilanjutkan dengan foto bersama.

 

Sumber: Dr. Euis Reni Yuslianti, drg., M.Kes. (FKG Universitas Jenderal A. Yani)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *