Warga Graha Tani Mulya Sambut Baik Penyuluhan Potensi Tumbuhan Antioksidan oleh FK Universitas Jenderal A. Yani

Warga Graha Tani Mulya Sambut Baik Penyuluhan Potensi Tumbuhan Antioksidan oleh FK Universitas Jenderal A. Yani

(Universitas Jenderal A. Yani) – Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal A. Yani kembali mengadakan pengmas. Kali ini, kegiatan merupakan penyuluhan potensi tumbuhan antioksidan di lingkungan rumah untuk menangkal radikal bebas di masa pandemi Covid-19. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu (20/11) dengan sasaran warga RW 15 Graha Tanimulya, Ngamprah, Kab. Bandung Barat dan diketuai oleh Dr. Henny Juliastuti, dr., M.Kes.

Kegiatan penyuluhan ini menyampaikan tentang jenis, isi, dan khasiat dari tumbuhan antioksidan. Ketua RW 15, Bapak Rizki mengatakan, “Penyuluhan ini sangat cocok dan aplikatif khususnya bagi ibu-ibu kader di RW 15 yang nantinya akan disebarkan lagi ke ibu-ibu lain di daerah kami, karena bahan yang dibahas dapat langsung ditemui di rumah masing-masing dan dapat digunakan sesuai arahan atau mungkin ilmu baru yang didapat dari penyuluhannya”. Terbukti dengan tingginya antusias peserta yaitu ibu-ibu kader yang menghadiri kegiatan penyuluhan sebanyak 47 orang.

Pengetahuan tentang pencegahan dari Covid-19 dengan tumbuhan sekitar rumah yang mudah didapat dan murah merupakan salah satu upaya ketahanan kesehatan dan imun tubuh yang harus diprioritaskan mengingat pandemi masih berlangsung. Pola makan yang benar dan mengosumsi sumber makanan yang sehat dan tinggi antioksidan tentu akan dapat menghindarkan tubuh dari serangan penyakit. Oleh karena itu perlu dilakukan satu upaya pencegahan untuk meningkatkan ketahanan kesehatan masyarakat melalui pola hidup sehat ditambah dengan konsumsi tumbuhan bersifat antioksidan dalam menangkal radikal bebas.

Pemanfaatan tumbuhan sekitar rumah yang mudah didapat dan murah memerlukan pemberian informasi yang jelas dan benar agar masyarakat dapat memilih dan menggunakan secara bijak tumbuhan tersebut di sekitar lingkungannya untuk menghadapi Covid-19. Perlu diadakan program pendidikan dan penyuluhan untuk masyarakat dan mahasiswa Universitas Jenderal A. Yani tentang tumbuhan antioksidan untuk menangkal radikal bebas sehingga sistem imun tubuh meningkat dan kesehatan terjaga di masa pandemi.

 

Sumber: FK Universitas Jenderal A. Yani

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *