Rektor Universitas Jenderal A. Yani Resmi Membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2022

Rektor Universitas Jenderal A. Yani Resmi Membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2022

(Universitas Jenderal A. Yani) – Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D secara resmi membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (24/11) dan dilakukan secara hybrid melalui aplikasi Zoom Meeting dan juga dipusatkan di Gedung Sisfo Universitas Jenderal A. Yani.

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Jenderal A. Yani. Selanjutnya, merupakan laporan kegiatan oleh Kepala Pusat Sisfo, Humas, dan Admisi (Kapus Sishumad), Sigit Anggoro, S.T., M.T. Dalam laporannya, PMB Universitas Jenderal A. Yani tahun 2022 mengusung tema Explore The New ‘U’. Selain itu, PMB tahun 2022 diberi tema agar memiliki semangat dan visi pendek yang sama.

Terdapat tiga makna terkait dengan ‘U’ yang ada di dalam tema. ‘U’yang pertama yakni The New Universitas Jenderal A. Yani, Smart Military University. Berikutnya, ‘U’ yang dimaksud adalah Us atau kita. Kita semua menjadi baru baik internal maupun eksternal. Terakhir, ‘U’-nya merupakan sebuah keinginan dalam konteks PMB, siapapun orangnya, orang tersebut akan menjadi ‘You’ yang baru.

Selanjutnya, merupakan kegiatan inti yakni kick-off PMB Universitas Jenderal A. Yani yang dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Jenderal A. Yani. Dalam sambutannya, Rektor mengatakan harapannya bahwa Universitas Jenderal A. Yani tidak hanya sekedar mencari mahasiswa, tetapi juga harus sebesar pemiliknya yakni TNI Angkatan Darat. Universitas Jenderal A. Yani berkomitmen mencari mahasiswa yang berkualitas dan yang ingin di didik secara spesifik di Universitas Jenderal A. Yani. Rektor juga menambahkan, apabila calon mahasiswa mendaftar di Universitas Jenderal A. Yani, para calon mahasiswa akan mendapatkan disiplin, loyalitas, dan semangat berjuang seperti prajurit TNI Angkatan Darat.

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP), Mayor Jenderal TNI Purn. Moch. Bambang Taufik juga turut hadir secara online dan memberikan sambutannya. Dalam sambutannya, beliau sangat mengapresiasi terhadap capaian target PMB Universitas Jenderal A. Yani. Jumlah mahasiswa yang diterima pada tahun 2020/2021 mencapai 3.262 mahasiswa dan pada tahun 2021/2022 mencapai 3.840 mahasiswa. Pada tahun mendatang, diharapkan penerimaan mahasiswa lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar di Universitas Jenderal A. Yani, kampus ini memiliki 10 fakultas dan terdiri dari 39 program studi. Fakultas yang terdapat di Universitas Jenderal A. Yani diantaranya Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Manufaktur, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Sains dan Informatika, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan. Khusus untuk Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan, ini merupakan fakultas baru yang sebelumnya merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Jenderal A. Yani. Terdapat juga 11 jalur pendaftaran mahasiswa baru yaitu Jalur PMDK, USM, Raport, Prestasi Akademik, Bakti Negeri, UTBK, Profesi, Magister, Lanjutan, One Day Service, dan Undangan.

 

(M. Ismail & Pentanius Sembiring)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *