FKG-LPPM Universitas Jenderal A. Yani dan PDGI Kab. Bandung Barat Gelar Webinar Penyakit Sistemik dan Kedaruratan Medis

FKG-LPPM Universitas Jenderal A. Yani dan PDGI Kab. Bandung Barat Gelar Webinar Penyakit Sistemik dan Kedaruratan Medis

(Universitas Jenderal A. Yani) – FKG-LPPM (Fakultas Kedokteran Gigi – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Universitas Jenderal A. Yani dan PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Kab. Bandung Barat (KBB) kembali mengadakan kegiatan seminar tahunan pada hari Sabtu (27/11), berjudul Simplicity Update with Unjani 2. Webinar kali ini mengangkat tema utama mengenai Penatalaksanaan Pasien dengan Penyakit Sistemik dan Kedaruratan Medis pada Praktek Dokter Gigi. Webinar ini juga disertai dengan Live Demo mengenai Penyuntikan Intramuskular, sehubungan dengan gencarnya kegiatan vaksinasi Covid-19, yang juga turut melibatkan dokter gigi sebagai vaksinator.

Kegiatan webinar ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (Pengmas) yang merupakan kegiatan rutin FKG-LPPM Universitas Jenderal A. Yani yang kali ini diketuai oleh Tichvy Tammama, drg., Sp.BM. Dibuka oleh Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M, Ph.D. Beliau berharap agar kegiatan webinar ini dapat bermanfaat dan memberi pengetahuan tambahan bagi seluruh peserta, terutama dokter gigi dan mahasiswa FKG Universitas Jenderal A. Yani

Ketua panitia kegiatan webinar ini, Rita Rositta Laila, drg., dalam sambutannya melaporkan bahwa webinar Simplicity Update with Unjani 2 tahun ini, yang diikuti oleh sekitar 200 orang peserta, turut dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri dari Ketua PDGI dari berbagai wilayah di Bandung Raya.

Webinar ini terdiri dari dua sesi, dimana sesi pertama diisi dengan materi bertema Gangguan Sistemik pada Praktek Dokter Gigi dengan narasumber Yudith Yunia Kemala, dr., Sp.PD, M.Kes dan Dr. Saskia L. Nasroen, drg., Sp.BM, M.Kes. Pembicara pertama, Yudith Yunia Kemala, dr., Sp.PD, M.Kes, yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan 1 FK (Fakultas Kedokteran) Universitas Jenderal A. Yani, membawakan materi berjudul ‘Medical Problems in Dentistry’, yang berisikan pengantar mengenai penyakit jantung, hipertensi, diabetes melitus, asma, dan kelainan darah untuk dokter gigi.

Pembicara kedua, Dr. Saskia L. Nasroen, drg., Sp.BM, M.Kes., yang merupakan staf dosen di FKG Universitas Jenderal A. Yani, membawakan materi yang lebih spesifik yaitu mengenai ‘Penatalaksanaan Pasien dengan Gangguan Sistemik pada Praktek Dokter Gigi”. Sesi pertama webinar ini dibantu oleh moderator Dr. Euis Reni Yuslianti, drg., M.Kes dan Tichvy Tammama, drg., Sp.BM, yang keduanya merupakan staf dosen FKG Universitas Jenderal A. Yani.

Sesi kedua dari webinar ini diawali dengan live demo yang dibawakan oleh narasumber Djoni Kusumah Pohan, dr., Sp.An., M.Kes, serta materi mengenai Kedaruratan Medis dengan narasumber Anita Fitriyana Hidayat, drg., Sp.BM dan Henri Hartman, drg., Sp.KGA. Narasumber pertama pada sesi kedua ini, Djoni Kusumah Pohan, dr., Sp.An., M.Kes, merupakan staf dosen di FK Universitas Jenderal A. Yani, yang membawakan live demo mengenai ‘Pemasangan Kateter IV dan Penyuntikan IM’ yang dilaksanakan di ruang Mini IGD FK Universitas Jenderal A. Yani, sehubungan dengan kemungkinan terjadinya kedaruratan medis di tempat praktek dokter gigi, juga tentang cara penyuntikan vaksin Covid-19.

Materi selanjutnya dibawakan oleh Anita Fitriyana Hidayat, drg., Sp.BM, yang bertugas di RSUD Cililin, mengenai ‘Medical Emergencies in Dental Practice’. Materi terakhir disampaikan oleh Henri Hartman, drg., Sp.KGA, yang merupakan staf dosen di FKG Universitas Jenderal A. Yani, mengenai ‘Handling Pediatric Dental Emergencies with a Simple Tool that You Have’, yang menjelaskan tentang penanganan kedaruratan dental pada anak-anak di tempat praktek dokter gigi. Sesi kedua webinar ini dibantu oleh moderator Florence Meliawaty, drg., Sp.BM, M.Kes, yang merupakan staf dosen FKG Universitas Jenderal A. Yani, dan Chandra Adi, drg., Sp.Perio.

Di akhir tiap sesi, dibagikan doorprize berupa buku mengenai Pedoman Bantuan Hidup Dasar yang disusun oleh dosen-dosen FK dan FKG Universitas Jenderal A. Yani, yang diberikan kepada 20 peserta yang beruntung.

Webinar yang juga dilaksanakan bersama Dentamedia ini juga didukung oleh Lion Wings dan Louvin. Webinar ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesiapan dokter gigi dalam menghadapi pasien dengan penyakit sistemik maupun kondisi kedaruratan medis dan dental di tempat praktek.

 

Sumber: FKG Universitas Jenderal A. Yani

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *