Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional Universitas Jenderal A. Yani Laksanakan Praktikum Diplomasi 2 di Yogyakarta

Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional Universitas Jenderal A. Yani Laksanakan Praktikum Diplomasi 2 di Yogyakarta

(Universitas Jenderal A. Yani) – Mahasiswa angkatan 2018 Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional (HI), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Jenderal A. Yani melaksanakan kegiatan Praktikum Diplomasi 2 selama tiga hari, yakni dari Senin (06/12) hingga Rabu (08/12) di Kota Yogyakarta.

Keberangkatan menuju Yogyakarta dimulai pada Senin (06/12) pagi dengan rombongan tiga bus dan dua mini bus. Sesampainya di Yogyakarta, rombongan diajak terlebih dahulu oleh pihak travel mengunjungi objek wisata HeHa Sky View yang terletak di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta.

Pada hari kedua (07/12), mahasiswa melakukan kegiatan inti dari Praktikum Diplomasi 2. Kegiatan ini diisi oleh pemaparan dari Direktur Institut Francais Indonesia (IFI) Yogyakarta, Francois Dabin dan Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta, Wahyu Hendriatmoko.

Sementara itu, sambutan juga diberikan kepada Wakil Dekan I FISIP Universitas Jenderal A. Yani, Dr. Suwarti Sari, S.IP., M.Si dan Sekretraris Prodi yang juga sekaligus Wakil Ketua Pelaksana kegiatan ini, yakni Dr. Yusep Ginanjar, S.IP., M.Si. Untuk mengawal jalannya acara, kegiatan ini dimoderatori oleh Renaldo Benarrivo, S.IP., M.Hub.Int.

Dabin memaparkan tentang wisata, budaya hingga bagaimana studi di Prancis. Sementara Dinas Pariwisata Yogyakarta memaparkan program-program yang dilakukannya dalam meningkatkan industri pariwisata di Yogyakarta terutama saat pandemi Covid-19. Acara pun berlangsung dengan lancar dan interaktif antara narasumber dan mahasiswa.

Praktikum Diplomasi 2 merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Prodi HI di semester tujuh. Praktikum tersebut berisi kegiatan yang diharapkan dapat membuka pemahaman mahasiswa lebih jauh lagi mengenai hubungan internasional.

Pada praktikum kali ini, hanya terdapat dua destinasi dalam negeri, yakni Bali dan Yogyakarta. Pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini dinamakan Praktikum Ke Luar Negeri (PKLN) dimana destinasinya pun ke luar negeri.

Pada tahun ini, karena pandemi Covid-19 yang belum reda, praktikum tersebut dilakukan di dalam negeri.

 

Reporter: Didi Sopiyan (Hub. Internasional – 2018)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *