FITKes Universitas Jenderal A. Yani Gelar Angkat Sumpah Lulusan Pertama sebagai Fakultas

FITKes Universitas Jenderal A. Yani Gelar Angkat Sumpah Lulusan Pertama sebagai Fakultas

(Universitas Jenderal A. Yani) – Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan (FITKes) Universitas Jenderal A. Yani melaksanakan Sidang Terbuka Senat Dalam Rangka Angkat Sumpah Lulusan Tahun Akademik 2020/2021. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Gedung Jenderal TNI Mulyono FISIP Universitas Jenderal A. Yani pada hari Rabu (8/12).

Sebanyak 650 calon lulusan tenaga kesehatan mengikuti kegiatan Angkat Sumpah. Mengingat pandemi Covid-19 yang belum mereda, pelaksanaan angkat sumpah kali ini dilakukan secara hybrid. 120 calon lulusan mengikuti kegiatan secara langsung di aula, 41 orang di Gedung G FITKes, dan memalui aplikasi Zoom Meeting serta live streaming melalui kanal YouTube FITKes Universitas Jenderal A. Yani.

Kegiatan sidang senat dibuka oleh Dekan FITKes Universitas Jenderal A. Yani, Gunawan Irianto, dr,. M.Kes. Dihadiri oleh Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D., Ketua BPH Universitas Jenderal A. Yani, Wakil Rektor I, II, dan III, Kapus Sishumad, Kapus SPI, Kapus LPPM, Kapus SPM, Para Dekan di Lingkungan Universitas Jenderal A. Yani, dan Direktur RSGMP Universitas Jenderal A. Yani. Selain itu, dalam kegiatan ini hadir pula Ketua DPW PPNI Jawa Barat dan DPD PPNI Kota Cimahi, Ketua DPW PATELKI Jawa Barat, Ketua IBI Jawa Barat, dan Ketua IAKMI Jawa Barat.

Dalam hasil yang dibacakan oleh Wakil Dekan I FITKes, Dr. Budiman, S.Pd., SKM., S.Kep., Ners., M.Kes., MH.Kes., Ujian Kompetisi Nasional pada tahun 2021 yang telah dilaksanakan oleh program studi Profesi Ners meraih tingkat kelulusan 97%, Teknik Laboratorium Medik 99%, sedangkan Kebidanan D3 dan Keperawatan telah mencapai tingkat kelulusan 100%.

Rangkaian acara pada kegiatan ini yaitu membacakan sumpah yang dilakukan oleh masing-masing dari setiap program studi, kemudian menandatangani Naskah Sumpah. Dalam kegiatan ini juga, Rektor juga memberikan Piagam Penghargaan kepada peraih nilai Uji Kompetisi Nasional Terbaik Program Vokasi Periode Juni 2021, yang diraih oleh Intan Nurhasanah dari Program Studi Keperawatan D3.

Rektor mengucapkan selamat kepada lulusan yang telah mengucapkan sumpah janji. Dalam kesempatan ini juga, Rektor juga mengucapkan selamat datang di Universitas Jenderal A. Yani karena sejak bulan Juni 2021 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Jenderal A. Yani telah bergabung menjadi bagian dari Universitas Jenderal A. Yani menjadi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan.

Menurut Rektor, dengan penggabungan ini, kita akan menjadi universitas yang kuat dan mampu mengejar ketertinggalan kita dari universitas lain. Sebagai alumni yang telah disumpah, harus mempunyai tiga karakter yang ada di jiwa para prajurit TNI AD. Yaitu disiplin, loyal, dan santun. Karena disitulah nilai dari adik-adik, sehingga bisa diterima oleh pemberi kerja dimanapun.

Rektor juga berterimakasih kepada orang tua yang telah mempercayakan putra putrinya untuk menempuh pendidikan di Unjani. Rektor juga berpesan agar jangan pernah mengkhianati apa yang orang tua sudah berikan, dengan benar-benar memegang sumpah yang telah diucapkan.

Pada kesempatan ini, Ketua Senat atau Dekan FITKes, dalam sambutannya menyampaikan ada lima program studi yang melaksanakan sumpah. Program studi tersebut yakni Profesi Ners, Kesehatan Masyarakat, Diploma 3 Keperawatan, Diploma 3 Kebidanan, dan Diploma 3 Teknologi Laboratorium Medik. Selanjutnya Dekan berpesan agar sumpah janji yang telah dilaksanakan memberikan motivasi yang kuat bagi alumni supaya lulusan mengamalkan keilmuan yang dimiliki dengan sepenuh hati.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan peserta angkat sumpah janji yakni Rini Nuraeni dari program studi lintas jalur dan Sarah Nur Sania dari program reguler memberikan prakatanya. “Hari ini adalah bukti bahwa kami telah menunaikan tanggung jawab sebagai insan akademi, hari ini kami memiliki tanggung jawab baru atas gelar yang disematkan dalam nama kami,” ujar mereka. Selain itu, mereka pun menerapkan tagline dalam hidupnya yaitu one shot one goal yang artinya sekali bidik ujian langsung  meraih kompeten.

Pelaksanaan kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku tetapi tidak mengurangi keabsahan dan kesakralan acara ini. Dapat dilihat dari dibatasinya jumlah orang yang hadir serta protokol kesehatan yang harus dipatuhi, seperti diwajibkan untuk menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta menghindari kerumunan. Juga, disediakan hand sanitizer yang dapat digunakan sebelum memasuki ruangan. Sebelum acara dimulai, ruangan tempat pelaksanaan angkat sumpah telah disemprotkan disinfektan sebagai upaya dalam mengurangi penyebaran Covid-19.

 

Winda Pramudita – Akuntansi 2019

Bunga Jasmine Shafira – Psikologi 2020

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *