Universitas Jenderal Achmad Yani Adakan Webinar Public Speaking untuk Mahasiswa

Universitas Jenderal Achmad Yani Adakan Webinar Public Speaking untuk Mahasiswa

(Universitas Jenderal A. Yani) – Universitas Jenderal Achmad Yani melalui Bidang Kemahasiswaan menyelenggarakan webinar pada hari Kamis (16/12). Kegiatan yang diketuai oleh Dr. Arlan Siddha, S.IP., MA. ini mengambil tema “Pentingkah Public Speaking Bagi Mahasiswa?” dan dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara ini juga terpusat pada Ruang Rapat Gedung Rektorat Universitas Jenderal Achmad Yani.

Acara dimoderatori oleh Wakil Dekan III FK Universitas Jenderal Achmad Yani, dr. Sylvia Mutikasari M.Med.Ed. Sementara itu, pembicara pada webinar kali ini adalah Fonda Rafael, seorang pelatih public speaking yang berpengalaman selama bertahun-tahun.

Pada kesempatan ini, Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana S.H., LL.M., Ph.D., turut hadir secara virtual dan memberikan sambutannya. Selain itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan juga hadir dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Rektor mengatakan bahwa public speaking itu penting karena ke depannya, pasti akan ada mahasiswa yang menjadi sosok, baik kementerian atau pemimpin perusahaan. Harapannya, kegiatan kali ini dapat menjadi bekal yang cukup untuk hari ini dan nanti.

“Harapannya, mereka bisa memiliki kemampuan berbicara di depan umum. Tidak hanya hari ini, tapi bekal buat hari besok dan seterusnya,” ujarnya.

Selanjutnya, pemateri acara webinar, Fonda Rafael, mulai membagikan tips bagaimana membangun kemampuan berbicara di depan umum. Lengkap dengan pentingnya mempelajari hal tersebut bagi mahasiswa atau orang lain.

Pemateri webinar mengungkapkan bahwa public speaking bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Dengan alasan dapat meningkatkan kemampuan pendengar dalam menangkap maksud dan tujuan sebenarnya pembicara.

Selanjutnya, Fonda memberikan tips bagaimana meningkatkan kemampuan public speaking bagi mahasiswa. Menurutnya, dengan latihan berbicara di depan cermin selama dua menit setiap hari mampu membangkitkan keterampilan satu ini.

Ketika menghadapi seseorang yang serius dan cenderung pendiam, Fonda Rafael memberikan satu rekomendasi. Rekomendasinya adalah kenali gaya berbicara orangnya, apakah langsung to the point atau disertai alasan. Kemudian harus mengikuti gaya dari lawan bicara supaya komunikasinya lancar.

Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 490 mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani ini berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, acara juga berjalan dengan interaktif dengan banyaknya peserta yang bertanya kepada pemateri.

 

Muhammad Iqbal Maulana, Saryogi Putra – Hubungan Internasional (2020)

M. Ismail

 

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *