Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut Kepada Pelajar SMP 02 Cimenyan

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut Kepada Pelajar SMP 02 Cimenyan

(Universitas Jenderal A. Yani) – Pada hari Jumat (17/12), tim dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jenderal A. Yani melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) yang bekerjasama dengan LPPM Universitas Jenderal A. Yani. Kegiatan pengabdian masyarakat yang berupa penyuluhan mengenai anatomi gigi dan mulut secara umum, fungsi gigi, proses gigi berlubang secara singkat, bagaimana cara menjaga kebersihan gigi dan mulut, cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Kegiatan ini dilakukan di SMP Negeri 02 Cimenyan di Desa Mekarsaluyu, Kab. Bandung. Tim pengabdian masyarakat yang hadir yaitu drg. Sri Sarwendah, MH.Kes., drg. Marlin Himawati, Sp.Ort., MDSc., drg. Ratna Trisusanti, Sp.RKG., drg. Azkya Patria Nawawi, MM., Sp.Prost., dan Bapak Andri Nugroho, A.Md selaku bagian teknis dan dokumentasi.

Pelajar SMP Negeri 02 Cimenyan sangat antusias dengan kehadiran dokter-dokter gigi dari FKG Universitas Jenderal A. Yani. Penyuluhan dilakukan secara interaktif dengan mengadakan games dan memberikan door prize bagi para peserta. Beberapa dari mereka semangat menjawab pertanyaan dan ada yang memperagakan cara menyikat gigi melalui phantom gigi dan sikat gigi.

Pada akhir acara, peserta diberi bingkisan berupa peralatan menyikat gigi dan alat tulis, serta snack. Dalam menjaga protokol kesehatan, kegiatan penyuluhan dilakukan hanya pada 83 pelajar kelas 8, yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas besar di aula dan kelas kecil di ruang kelas.

“Alhamdulilah. Terimakasih banyak kepada ibu dan bapak dosen FKG Unjani yang sudah memberikan penyuluhan kesehatan gigi kepada siswa-siswi kami. Kegiatannya sangat bermanfaat karena menambah wawasan siswa seputar kesehatan gigi seperti tentang gigi sehat dan tidak, cara merawat gigi, dan jenis-jenis penyakit gigi. Kegiatan ini juga memotivasi siswa untuk selalu menjaga kesehatannya. Semoga kegiatan ini terus berlanjut di tahun depan. Terus maju untuk FKG Unjani,” ungkap salah satu guru SMPN 02 Cimenyan, Bapak Atep Firmansyah, S.S.

Kesehatan gigi dan mulut sangat penting dijaga karena mulut merupakan gerbang utama masuknya segala bentuk makhluk seperti yang hidup dan mati. Banyak penyakit yang timbul akibat dari penyakit di rongga mulut dan gigi. Tim pelaksana pengmas memang mengambil sasaran di SMP karena siswa-siswi terkadang lupa untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut seperti menyikat gigi serta menjaga pola makan makanan yang bergizi.

 

Sumber: FKG Universitas Jenderal A. Yani

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *