Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani Adakan Kegiatan Pengmas di Wilayah Cibeber

Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani Adakan Kegiatan Pengmas di Wilayah Cibeber

(Universitas Jenderal A. Yani) – Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani mengadakan serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat (pengmas) tanggal 22 hingga 23 Desember 2021. Kegiatan ini mengangkat tema “Menjaga Kesehatan Mental Diri dan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kegiatan Psikoedukasi Ketahanan Keluarga, Pelatihan Management Stress, dan Konseling di Wilayah Cibeber, Cimahi Selatan”. Pengmas dilaksanakan di dua tempat di wilayah Cibeber, Cimahi Selatan, yakni di RW 03 dan RW 10.

Pengabdian kepada masyarakat (Pengmas) tersebut terdiri dari sesi konseling dan penyampaian materi. Terdapat 20-25 peserta di setiap harinya dengan menyasar ke kalangan remaja dan orangtua. Kegiatan pengmas ini melibatkan mahasiswa dan tenaga pengajar sebagai pemberi materi seperti Dr. Vera Angiliani, M.Psi., Psikolog., Winna Andini, M.Psi. (Psikolog untuk psikoedukasi ketahanan keluarga), Dr. Arief Budiarto, DESS, Yoga Hardianto, M.Psi., Psikolog., Endah Andriani Pratiwi, M.Psi., Psikolog., dan Rachmat Taufiq, M.Psi. (Psikolog untuk pelatihan manajemen stress).

Menurut Ketua Pelaksana kegiatan pengmas pada RW 10, Ditya Indria Sari, M.Psi., Psikolog., “Tujuan dari psikoedukasi ketahanan keluarga itu adalah kita ingin setiap keluarga bisa membangun keluarga yang utuh. Kemudian untuk manajemen stress kita memberikan cara atau mempraktikkan mengelola stress. Teknik yang kita berikan menggunakan dua cara yaitu relaksasi dan art therapy. Kemudian konseling, kegiatan ini diberikan kepada orang-orang yang mengalami masalah secara psikologis.”

Selain itu, Ditya juga berharap, “Harapan dari kami adalah bahwa masyarakat itu bisa merasakan kesejahteraan secara psikologis. Jadi mereka terampil ketika menghadapi keluarga yang bermasalahan. Kemudian individu terampil ketika mendapat stress mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan menyadari masalah yang dirasakan seperti apa. Sehingga bisa mendapatkan tempat yang tepat untuk menceritakan masalah-masalah yang sifatnya psikologis.”

Masyarakat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Fakultas Psikologi ini. Selain dapat belajar untuk mengelola stress dan mendapat pelatihan, warga juga dapat konsultasi dengan keluhan yang dimiliki kepada psikolog yang ada pada lokasi kegiatan.

 

 

Penulis: Fajar Mulya Utama (Teknik Elektro – 2019)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *