Pentingnya Vaksinasi dan Pemeriksaan Titer Antibodi Terhadap Virus Covid-19 Pada Masyarakat Kota Cimahi

Pentingnya Vaksinasi dan Pemeriksaan Titer Antibodi Terhadap Virus Covid-19 Pada Masyarakat Kota Cimahi

(Universitas Jenderal A. Yani) – Pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang tidak sedikit bagi berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, mulai dari aspek ekonomi, sosial, pendidikan dan budaya. Sudah banyak warga Indonesia yang terpapar bahkan meninggal dunia akibat keganasan virus Covid-19 ini. Untuk itu berbagai cara ditempuh untuk memutus rantai penularan penyakit Covid-19 ini di antaranya adalah vaksinasi Covid-19 yang terus menerus digalakkan oleh pemerintah.

Program vaksinasi Covid-19 yang digagas pemerintah telah membawa harapan baru akan terputusnya rantai penularan itu, dengan tujuan tercapainya Herd Immunity. Program vaksinasi Covid-19 yang terus gencar dilakukan pemerintah khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya diharapkan dapat mencegah penularan Covid -19 di masa mendatang serta menurunkan angka kesakitan dan kematian yang diakibatkan infeksi virus Sarcov-2 ini.

Namun, ternyata masih banyak yang belum sepenuhnya memahami pentingnya vaksinasi Covid-19 sebagai upaya pemutusan rantai penularan Covid-19 sehingga Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal A. Yani bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Cimahi dengan melibatkan dosen dan mahasiswa menggagas suatu kegiatan Penyuluhan tentang pentingnya vaksinasi Covid-19 ini kepada masyarakat di kota Cimahi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (25/12) di RW 11 Kelurahan Baros, Cimahi Selatan dan mendapat respon positif dari masyarakat setempat.  Sekretaris RW  11, Chaerul Anwar menyatakan, “Kami berharap kegiatan-kegiatan edukasi seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesiambungan.”

Sayu Putu Yuni Paryati yang merupakan Koordinator Pengmas Bidang Kesehatan Universitas Jenderal A. Yani mengatakan, “Kegiatan Pengmas oleh tim FK Unjani ini merupakan salah satu rangkaian pengabdian masyarakat Unjani yang dilaksanakan secara paralel dari beberapa Fakultas di Unjani yaitu Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi dan Psikologi.”

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan, Yudith Yunia Kusmala mengatakan, “Selain penyuluhan tentang Covid-19 yang bertujuan memberikan pemahaman mengenai pentingnya vaksinasi kepada masyarakat  Kota Cimahi, dilakukan juga pengukuran titer antibodi  terhadap masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap. Berbagai macam platform vaksin Covid-19 seperti Sinovac, Astra Zeneca, Pfizer dan Moderna untuk mendapatkan gambaran titer antibodi yang dihasilkan oleh masing- masing jenis vaksin yang telah diberikan tersebut.”

Ditambahkan oleh Yudith, “Selain di RW 11 Kelurahan Baros, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Cimahi dan di Kampus Universitas Jenderal A. Yani. Harapannya, penyuluhan yang diberikan dapat meningkatkan pengetahuan dan memotivasi masyarakat untuk memperoleh vaksinasi Covid-19 ini. Selain itu, kita akan dapat mengetahui adanya perbedaan nilai titer antibodi pasca vaksinasi dengan   kelompok vaksin yang berbeda, sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai dasar dalam pemilihan jenis vaksin,” pungkasnya.

 

Sumber: Dr. drh. Sayu Putu Yuni Paryati, M.Si. (FK Universitas Jenderal A. Yani)

Editor: M. Ismail/Humas Unjani

 

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *