Universitas Jenderal Achmad Yani Mengadakan Webinar Sexual Harassment dan Bullying untuk Mahasiswa

Universitas Jenderal Achmad Yani Mengadakan Webinar Sexual Harassment dan Bullying untuk Mahasiswa

(Universitas Jenderal A. Yani) – Universitas Jenderal Achmad Yani melalui Bidang Kemahasiswaan, menyelenggarakan webinar pada hari Kamis (30/12). Kegiatan yang diketuai oleh Dr. Arlan Siddha, S.IP., MA. ini mengambil judul “Stop!! Sexual Harassment and Bullying”. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui platform Zoom Meeting.

Acara ini di moderatori oleh, dr. Endry Septiadi, M.Kes. Sementara itu pembicara pada webinar kali ini adalah Antik Bintari, yang merupakan Dosen FISIP Universitas Padjajaran yang telah berpengalaman mengisi materi dengan tema diatas selama bertahun-tahun. Pada Webinar ini, Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana S.H., LL.M., Ph.D turut hadir secara virtual dan memberikan sambutannya. Selain itu, Wakil Rektor III juga turut hadir dalam kegiatan webinar ini.

Dalam sambutannya, Rektor mengatakan bahwa, sexual harassment dan bullying bisa membuat korban trauma seumur hidup. Harapannya tidak ada kejadian-kejadian seperti itu di lingkungan kampus Universitas Jenderal Achmad Yani.

“Sebagai Mahasiswa Universitas Jenderal Achmad yani kita tidak melakukan sexual harassment dan bullying-bullying karena tidak pernah ada manfaatnya,” ujarnya.

Selanjutnya, pemateri acara webinar, Antik Bintari, S.IP., MA., menjelaskan apa saja contoh dari kekerasan atau pelecehan seksual yang ada serta dampaknya baik bagi korban maupun lembaga pendidikan. Pemateri webinar mengharapkan, agar kedepannya kejadian kekerasan atau pelecehan seksual yang mungkin biasa terjadi di lingkungan kampus bisa dihentikan.

Antik juga memberikan tips cara pencegahan dan penanganan kekerasan atau pelecehan seksual atau bullying di lingkungan kampus. Menurutnya kebijakan institusi pendidikan dengan filosofi yang ditujukan pada upaya pencegahan dan penanganan kekerasan atau pelecehan seksual di lingkungan kerja pada seluruh civitas akademika. Ketika sudah terjadinya perilaku kekerasan atau pelecehan seksual atau bullying. Antik memberikan tips, perlu adanya SOP pelaporan (termasuk adanya pelayanan pengaduan) di lingkungan kampus termasuk sanksi yang tegas kepada pelaku dan penanganan yang berpihak pada korban.

Kegiatan webinar yang dihadiri  lebih kurang 750 Mahasiswa Universitas Jenderal  Achmad Yani ini berjalan dengan lancar. Selain itu, acara berjalan dengan interaktif dengan banyaknya peserta yang bertanya kepada pemateri.

 

Penulis: Bagas Satria Agung Linuwih Wibowo – Psikologi (2020)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *