FITKes dan FTM Universitas Jenderal A. Yani Melaksanakan LDKK Gelombang II

FITKes dan FTM Universitas Jenderal A. Yani Melaksanakan LDKK Gelombang II

 (Universitas Jenderal A. Yani) – Universitas Jenderal A. Yani kembali melaksanakan kegiatan LDKK (Latihan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan) Gelombang II untuk dua fakultas yaitu FITKes (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan) dan FTM (Fakultas Teknologi Manufaktur). Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan LDKK di Lapangan Djarot Soepadmo, Pusdik Armed, pada hari Jumat (14/1) dan Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Rektor Universitas Jenderal A. Yani meminta tiga hal kepada para mahasiswa Universitas Jenderal A. Yani. Pertama, ketika memulai belajar di Universitas Jenderal A. Yani, mahasiswa diminta untuk selalu mengingat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan berdoa. Kedua, tekadkan bahwa belajar di Universitas Jenderal A. Yani karena para mahasiswa harus berbuat terbaik bagi bangsa dan negara. Ketiga, para mahasiswa tidak boleh mengkhianati apa yang telah diberikan oleh orangtua, dengan menyekolahkan di Universitas Jenderal A. Yani.

Rektor juga menambahkan, “Saya ingin Adik-adik bisa menjadi seorang pemimpin. Oleh karena itu, Latihan Dasar kita ini adalah Latihan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan. Dalam hal kepemimpinan, nanti Adik-adik akan mendapat banyak pelatihan. Mendapat banyak pengetahuan dari beliau-beliau yang memang tahu mengenai masalah kepemimpinan. Tapi satu hal, yang saya minta kepada Adik-adik sekalian. Ketika Adik-adik menjadi pemimpin, Adik-adik harus berada ditengah-tengah pasukan. Tidak boleh Adik-adik menjadi pemimpin yang berada di belakang meja, yang tinggal terima beres.”

Setelah upacara pembukaan, acara dilanjutkan dengan foto bersama. Setelah itu, Rektor beserta dengan Dirum Kodiklatad, Brigjen TNI Ayi Supriatna, S.I.P., MM., Danpusdik Armed Pussen Armed Kodiklatad, Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, S.I.P., S.Sos., meninjau barisan mahasiswa yang melaksanakan LDKK Gelombang ke-II ini.

Kegiatan selanjutnya merupakan kuliah umum dari Dirdok (Direktur Doktrin) Kodiklatad, Brigjen TNI Agustinus Purboyo, S.I.P., M.Tr. (Han). Kuliah umum yang diberikan oleh Dirdok Kodiklatad yaitu tentang Kepemimpinan dan Kedisiplinan Generasi Muda Menuju Indonesia Unggul.

Dalam paparannya beliau berpesan, “Saya ingin kalian berkarakter sehingga kedepan, saya sangat amat yakin, salah satu dari kalian akan menjadi pemimpin bangsa Indonesia. Selalu berpikir positif, selalu punya rasa pantang menyerah, dan jangan pernah selalu mau stay on your comfort zone, jangan pernah selalu hanya mau diam di zona nyamanmu, tapi selalu untuk melakukan perubahan.”

LDKK Gelombang II ini diikuti oleh 717 mahasiswa yang terdiri dari Program Studi D3 dan S1 Keperawatan, D3 dan S1 Kebidanan, D3 dan D4 Teknologi Laboraturium Medis, Kesehatan Masyarakat, Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Metalurgi. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari terhitung mulai dari hari Jumat (14/1) hingga hari Minggu (16/01).

 

Penulis: Fajar Mulya Utama (T. Elektro/2019)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *