Universitas Jenderal A. Yani Terima Kunjungan Universitas Papua Madani Jayapura

Universitas Jenderal A. Yani Terima Kunjungan Universitas Papua Madani Jayapura

(Universitas Jenderal A. Yani) – Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M, Ph.D menerima kunjungan dari Rektor Universitas Papua Madani Jayapura (UPMJ), Dr. Syarifuddin, SE., M.Si. dan H. Maduu Mallu selaku Ketua Yayasan Al-Barakah Abepura beserta jajarannya . Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (15/1) dan bertempat di Ruang Rapat Rektorat Universitas Jenderal A. Yani. Pada kesempatan ini, Rektor Universitas Jenderal A. Yani juga didampingi oleh Ketua BPH, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Dekan Fakultas Sains dan Informatika (FSI) dan Dekan Farmasi (FFA). Kegiatan kunjungan ini sekaligus juga untuk melakukan penandatanganan MoU dan juga PKS dengan FSI Universitas Jenderal A. Yani.

Rektor Universitas Jenderal A. Yani menerima dengan baik kedatangan dari UPMJ yang jauh dari Papua. Ini merupakan suatu kebanggaan bahwasannya Universitas Jenderal A. Yani yang berada di Kota Cimahi, Jawa Barat sudah dikenal di Papua.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Jenderal A. Yani menyampaikan, “Berdasarkan kerjasama kita ini mungkin kita bisa sharing, bagaimana kita bisa membuat lembaga pendidikan ini tidak hanya semata-mata mengejar sisi komersialnya saja, tetapi juga bagaimana kita bisa membentuk, menjadikan lulusan kita yang memiliki karakter. Kemudian juga tentu, nilai-nilai yang ada di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.” Rektor juga menambahkan bahwa Universitas Jenderal A. Yani akan senantiasa membuka diri dalam berbagai bentuk kerjasama dan berharap kedepannya Universitas Jenderal A. Yani dan UPMJ bisa melakukan banyak kerjasama.

Selanjutnya Rektor juga mempersilahkan UPMJ untuk membuka jurusan/program studi atas nama Univ. Jenderal Achmad Yani terlebih dahulu dalam rangka untuk dapat menarik mahasiswa di Papua sehingga kedepannya jurusan/program studi tersebut dapat lepas dan menjadi mandiri disana. Dimana beliau menuturkan bahwa sistem kerjasama seperti ini biasa diimplementasikan oleh PTN maupun PTS diawal pembentukann ya.

Rektor Univ. Jenderal Achmad Yani juga menuturkan “bahwa tidak ada persaingan diantar PTS/PTN di Indonesia, persaingan sebenarnya adalah kita dengan universitas luar negeri, dimana selanjutnya universitas di Indonesia seharusnya saling bantu membantu karena saat ini banyak universitas luar negeri yang sudah mengincar pasar pelajar di Indonesia”.

Menanggapi hal ini, Rektor UPMJ memberikan apresiasi kepada Universitas Jenderal A. Yani yang telah menyambut kunjungannya dengan baik. Selain itu, Rektor UPMJ juga memohon dukungannya kepada Universitas Jenderal A. Yani berupa sharing educate dalam pengembangan pendidikan, pengembangan SD dan kerjasama dalam bidang ICT untuk pengembangan sistem di UPMJ serta berharap agar kerjasama bisa segera dilakukan supaya dapat terbantu kedepannya yang memiliki keinginan dan mewujudkan Papua sebagai Smart City dimana UPMJ sebagai pelopor dan pusat dibidang pendidikan.

Kegiatan selanjutnya yaitu penandatanganan MoU antara Universitas Jenderal A. Yani dengan UPMJ dan dilanjutkan dengan penandatanganan PKS dengan FSI Universitas Jenderal A. Yani. Selain itu, juga rombongan UPMJ melakukan tur kampus Univ. Jenderal Achmad Yani serta meninjau kelengkapan laboratorium di Fakultas Sains dan Informatika dan Farmasi.

 

Penulis: (M. Ismail)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *