Prodi Pendidikan Profesi Ners FITKes Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar “Strategi Menghadapi Kecemasan Dalam Akademik”

Prodi Pendidikan Profesi Ners FITKes Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar “Strategi Menghadapi Kecemasan Dalam Akademik”

(Universitas Jenderal A. Yani) – Webinar Prodi Pendidikan Profesi Ners Series 2 Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan (FITKes) Universitas Jenderal A. Yani telah dilaksanakan pada hari Sabtu (22/01) secara daring melalui platform Zoom Meeting. Webinar kali ini memiliki tema “Strategi Menghadapi Kecemasan Dalam Akademik” yang diisi oleh Ketua DPD PPNI Kabupaten Subang Tommy Hidayat, AMK. SKM. M. M. Kes dan Rahmi Imelisa, M. Kep., Ns. Sp.Kep.J selaku Dosen Prodi Profesi Ners FITKes. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Wadek I FITKes Unjani, Dr. Budiman, M. Kes., MH. Kes.

Selain dalam rangka promosi Penerimaan Mahasiswa Baru FITKes Universitas Jenderal A. Yani, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menambah pengetahuan tentang kecemasan dalam akademik. Saat ini kita memasuki era exit exam, sesuai dengan Permendikbud Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan. Pada akhir masa pendidikan, mahasiswa bidang kesehatan wajib mengikuti uji kompetensi. Hal tersebut menimbulkan kecemasan bagi para mahasiswa.

Diawali dengan sambutan dari Ketua Prodi Ners FITKes, Suharjiman, S. Kp., M. Kep., beliau mengharapkan agar kegiatan webinar ini dapat terus berlanjut dengan materi-materi ilmu keperawatan yang lainnya, sehingga akan lebih mempersiapkan lagi para mahasiswa untuk menghadapi uji komptensi. Kemudian, webinar secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan I FITKes, Dr. Budiman, M. Kes., MH. Kes. sekaligus memberikan sambutannya. “Dengan para narumber yang hebat dan luar biasa, ini menjadi media bagaimana kita menyelesaikan pendidikan dan tugas akhir dengan baik dan tenang tanpa mengalami kecemasan yang tinggi,” ujarnya.

Memasuki acara inti, narasumber pertama memberikan materinya mengenai Kecemasan Dalam Akademik yang dibawakan oleh Rahmi Imelisa, M. Kep., Ns. Sp.Kep.J. Dalam paparannya, beliau mengatakan bahwa ansietas atau kecemasan merupakan hal yang wajar terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Beliau menjelaskan mengenai stress dalam kehidupan sehari-hari, tingkatan kecemasan, stressor yang berkaitan dengan ansietas akademik dan dampaknya, juga mengenai cara menangani ansietas yaitu dengan meningkatkan koping juga melakukan relaksasi dan distraksi atau pengalihan.

Materi selanjutnya dibawakan oleh Ketua DPD PPNI Kabupaten Subang Tommy Hidayat, AMK. SKM. M.M. Kes., mengenai bagaimana kecemasan dapat diatasi dengan hipnoterapi. Beliau mengatakan, “Kita bisa mengkombinasikan hipnoterapi dengan EFT atau Emotional Freedom Technique. Memadukan unsur self hipnosis dengan titik akupuntur. Ada beberapa titik yang membuat kita releks, yaitu di bawah mata, diantara hidung dengan bibir atas, diantara bibir bawah dengan dagu, dan di tulang selangka. Caranya dengan mengetuk-ngetuk titik-titik tersebut sambil berbicara apa yang kita inginkan untuk mengurangi tingkat stressor atau kecemasan. Teknik tersebut dirasa lebih efektif dibandingkan dengan teknik-teknik yang lain.”

Kegiatan webinar berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dari para peserta yang langsung dijawab oleh kedua narasumber.

 

Penulis: Winda Pramudita – Akuntansi 2019

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *