LPPM Universitas Jenderal A. Yani Laksanakan Sosialisasi Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XIII Revisi

LPPM Universitas Jenderal A. Yani Laksanakan Sosialisasi Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XIII Revisi

(Universitas Jenderal A. Yani) – Pada hari Senin (31/1) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Mayarakat (LPPM) Universitas Jenderal A. Yani mengadakan webinar dengan tema “Sosialisasi Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Kampus Merdeka Edisi XIII Revisi serta Trik & Tips Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengmas Hibah Kemendikbud Ristek Tahun 2022” yang dilaksanakan secara daring. Dalam kesempatan ini, dihadiri oleh Guru Besar IPB sekaligus Reviewer di Kemendikbud Ristek, Prof. Dr. Ir.  Suminar Setiati Achmadi, M.Sc., Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D, juga para Dekan berserta Dosen di lingkungan Universitas Jenderal A. Yani.

Bulan Januari dan Februari, Kemendikbud Ristek atau Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sudah membuka kembali pengusulan proposal dengan sumber dana dari Kemendikbud Ristek, juga mengeluarkan panduan terbaru Revisi XIII terkait dengan panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu perlu untuk disampaikan kepada para dosen, terutama bagi mereka yang belum memiliki kesempatan untuk mengusulkan proposal-proposal penelitian dengan sumber dana dari Kemendikbud Ristek.

Kepala Pusat LPPM Universitas Jenderal A. Yani, Dr. Dadan Kurnia, S.IP., M.Si. menyampaikan harapannya agar LPPM dapat mendorong dan meningkatkan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari para dosen. Sehingga nanti akan berpengaruh baik terhadap akreditasi, proses yang berkaitan dengan MBKM, dan sebagainya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga mengingatkan bahwa Tridarma Perguruan Tinggi tidak hanya pengajaran, tetapi juga bagimana kita bisa melakukan penelitian. Dengan penelitian, kita bisa menjadi mengetahui banyak hal. Penelitian biasa dilakukan oleh lembaga penelitian maupun perguruan tinggi. Selain itu, Rektor juga mengajak para dosen untuk melakukan penelitian dengan tujuan kemaslahatan masyarakat. “Penelitian bukan sekedar untuk mendapatkan hibah, tetapi penelitian ini kita lakukan untuk ilmu pengetahuan dan kemaslahatan dari bangsa dan negara ini,” ujar Rektor.

Webinar dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Suminar Setiati Achmadi, M.Sc. dengan judul “Tips Penyiapan Proposal Penelitian Edisi XIII Revisi.” Dalam paparannya, beliau mengungkapkan bahwa dana hibah untuk penelitian yang disediakan oleh pemerintah jumlahnya cukup banyak, namun dana tersebut hanya untuk mereka yang memenangkan kompetisi. Ada pula hal baru dalam panduan penelitian edisi XIII revisi ini salah satunya ada 5 prioritas penelitian, yaitu green economy, blue economy, digital economy, pariwisata, dan kemandirian kesehatan. Jika peneliti bukan dari 5 bidang prioritas tersebut, hal itu tidak menjadi masalah karena beliau juga mengingatkan bahwa peneliti dapat melakukan kerjasama. “Kalau kita hanya bekerja sendiri, sama-sama dengan rekan satu lab atau departemen, itu tidak akan menarik. Pasti nanti berkutatnya hanya di situ saja, tidak akan bisa melompat jauh,” pesannya. Di akhir kegiatan, para dosen diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan Prof. Dr. Ir.  Suminar Setiati Achmadi, M.Sc.

 

Winda Pramudita – Akuntansi 2019

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *