Kunjungi Universitas Jenderal Achmad Yani, KASAD Berikan Kuliah Umum Kepada Para Mahasiswa

Kunjungi Universitas Jenderal Achmad Yani, KASAD Berikan Kuliah Umum Kepada Para Mahasiswa

(Universitas Jenderal A. Yani) – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., mengunjungi Universitas Jenderal Achmad Yani pada hari Rabu (9/2). KASAD datang pada pukul 08.30 WIB dan diterima dengan baik oleh Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph. D beserta jajarannya di Gedung Rektorat.

Setelah diterima di Gedung Rektorat, KASAD beserta Rektor melanjutkan perjalanan ke Gedung Jenderal TNI Mulyono FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani untuk memberikan kuliah umum.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani mengemukakan tiga harapannya. Pertama, adanya affirmative action yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani saat hendak berkarier di dunia militer khususnya TNI AD. Kedua, dijadikannya Universitas Jenderal Achmad Yani sebagai salah satu tempat menempuh pendidikan tinggi yang dapat menerima militer aktif dari golongan Tamtama, Bintara dan Perwira. Terakhir, tersedianya fasilitas dari TNI AD untuk dijadikan tempat magang bagi para mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani.

Selanjutnya merupakan bagian inti acara yaitu kuliah umum yang diberikan oleh KASAD dengan tema Peran Kepemimpinan Strategis dalam Membangun Green Human Resource Management. Dalam pemaparannya, KASAD menyampaikan bahwa gaya kepemimpinan strategis merupakan kemampuan seseorang untuk mengantisipasi, mempertahankan, fleksibilitas, berpikir secara strategis, dan bekerja dengan orang lain untuk masa depan yang lebih baik lagi. Dalam menjalani tugas-tugasnya, seorang pemimpin harus bisa menjadi sosok pemimpin yang dihormati, diidolakan, dikagumi, dicintai, diidamkan, dan diharapkan.

KASAD juga memaparkan bahwa terdapat empat ciri utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Keempat hal tersebut yaitu imajinasi bagaimana dapat memprediksi tantangan yang akan dihadapi kedepannya, inovasi dalam memberikan gagasan untuk mencapai tujuan bersama, visi dan misi, cita-cita dan harapan untuk terus mencapai target. Terakhir KASAD menyampaikan bahwa terdapat tiga kunci sukses yaitu dapat melupakan masa lalu, lakukan yang terbaik hari ini secara optimal, dan memiliki asumsi bahwa cita-cita hanya harapan dan angan-angan tetapi harus diperjuangkan.

Kuliah umum ditutup dengan pemberian cinderamata berupa plakat kepada KASAD oleh Wakil Rektor 1 Universitas Jenderal Achmad Yani, Dr. Agus Subagyo, S.IP., M.Si dan pemberian sertifikat yang diserahkan oleh Ketua Pengurus Yayasan Kartika Eka Paksi, Letjen TNI Purn. Tatang Sulaiman, S.Sos., M.Si. Selanjutnya, KASAD berkesempatan meninjau pembangunan gedung baru dan melakukan podcast di Studio Podcast FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani.

Kegiatan kuliah umum KASAD dihadiri oleh kurang lebih 100 mahasiswa dari tiap Program Studi di Universitas Jenderal Achmad Yani. Selain itu, dihadiri juga oleh jajaran pimpinan Yayasan Kartika Eka Paksi, pimpinan militer di Kota Cimahi dan Bandung, serta para pimpinan di lingkungan Universitas Jenderal Achmad Yani.

 

Penulis: Shabila Pridadindya (Hubungan Internasional – 2021)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *