Letnan Jenderal TNI A.M. Putranto Beri Kuliah Umum untuk Para Pimpinan di Lingkungan Universitas Jenderal Achmad Yani

Letnan Jenderal TNI A.M. Putranto Beri Kuliah Umum untuk Para Pimpinan di Lingkungan Universitas Jenderal Achmad Yani

(Universitas Jenderal A. Yani) – Mantan Dankodiklatad, Letnan Jenderal (Letjen) TNI A.M. Putranto, S.Sos., memberikan kuliah umum tentang kepemimpinan bagi para pimpinan di lingkungan Universitas Jenderal Achmad Yani pada hari Selasa (8/2). Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid melalui Zoom Meeting dan juga terpusat di Aula Gedung Jenderal TNI Mulyono FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani. Pada kesempatan ini, acara dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, Wakil Rektor 3, para Dekan, para Wakil Dekan, dan para pimpinan di lingkungan Universitas Jenderal Achmad Yani.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D menekankan kepada para Kaprodi untuk menunjukkan kepemimpinan dan menyampaikan ide-ide untuk diolah menjadi keunggulan bagi Universitas Jenderal Achmad Yani. “Saya mohon kepemimpinan dari Bapak-Ibu sekalian, itu nomor satu. Nomor dua adalah Bapak-Ibulah yang punya ide-ide besar yang disampaikan ke para Dekan atau universitas dan bakal diolah yang menjadi keunggulan Universitas Jenderal Achmad Yani,” ujar Rektor.

Selanjutnya merupakan bagian inti acara yaitu ceramah umum dari Letjen TNI A.M. Putranto kepada para peserta yang hadir. Pada bagian awal, beliau menceritakan pengalamannya tentang kepemimpinan selama masa dinasnya sebagai prajurit TNI AD dan juga menyampaikan harus seperti apa pemimpin bertindak.

Pertama, seorang pemimpin harus memiliki keyakinan terhadap dirinya sendiri. Keyakinan bahwa dirinya mampu melaksanakan segala tanggung jawab yang diemban tanpa harus mendapatkan imbalan dari pihak lain. Kedua, seorang pemimpin harus mengetahui bagaimana cara memotivasi anggotanya atau orang lain untuk mau ikut serta dalam mewujudkan tujuan bersama. Ketiga, pemimpin juga mempunyai keinginan untuk mendengarkan keresahan dan pendapat dari orang sekitar. Selain itu, beliau juga mengingatkan bahwa pemimpin itu tidak membeda-bedakan seseorang berdasarkan latar belakang orang tersebut.

Kegiatan kuliah umum diakhiri dengan pemberian plakat dan sertifikat kepada Letjen TNI A.M. Putranto oleh Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani. Setelah itu, acara ditutup dengan foto bersama dan menyanyikan lagu Bagimu Negeri.

 

Penulis: Muhammad Iqbal Maulana (Hubungan Internasional-2020)/Yosep Setiawan (Informatika-2020)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *