Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani Luncurkan Galeri Investasi Digital, Bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia dan Phillip Sekuritas Indonesia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani Luncurkan Galeri Investasi Digital, Bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia dan Phillip Sekuritas Indonesia

(Universitas Jenderal A. Yani) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jenderal Achmad Yani meluncurkan Galeri Investasi Digital Bursa Efek Indonesia hasil kerjasama dengan Bursa Efek Indonesia dan Phillip Sekuritas Indonesia secara online melalui Zoom Meeting pada hari Jumat (11/2). Kegiatan dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan yang diberikan oleh Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmanto Juwana., S.H., LL.M., Ph.D.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwasannya pada era digital saat ini, para generasi muda sudah harus mulai mengenal investasi, karena investasi sangat penting. Salah satunya adalah berinvestasi lewat Bursa Efek Indonesia. Beliau berharap dan menginginkan Galeri Investasi Digital ini tidak hanya melayani lingkup mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, tetapi juga melayani berbagai mahasiswa dari fakultas lain di Universitas Jenderal Achmad Yani.

Selain itu, beliau juga menyampaikan kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk bisa membantu Bursa Efek Indonesia dengan memberikan edukasi pasar modal kepada masyarakat umum untuk mulai berinvestasi dan menyampaikan apa saja pentingnya investasi. Setelah itu, sambutan juga disampaikan oleh Bapak Daniel Tedja selaku Presiden Direktur PT. Phillip Sekuritas Indonesia dan Bapak Hasan Fawzi selaku Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia.

Selanjutnya merupakan bagian inti dari acara yaitu Launching Galeri Investasi Digital Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani serta dilanjutkan dengan foto bersama. Acara kemudian dilanjutkan dengan laporan Galeri Investasi Digital Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani serta pelantikan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ibu Neni Maryani, S.E., M.Si., Ak., CA., CPA., CTA., yang beranggotakan empat belas mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Setelah acara seremonial selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Webinar Pasar Modal dengan tema Investment 101: Goes to Financial Freedom yang dimoderatori oleh Ali Rahman Reza, S.E., M.Ak., CA., selaku Dosen Prodi Akuntansi. Pada webinar ini dihadiri oleh dua narasumber yaitu Bapak Reza Sadat Shahmeini (Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia – Jawa Barat) dan Bapak Ronny Christian (Senior Office Training & Education PT Phillip Sekuritas Indonesia).

Poin penting dalam paparan dari narasumber pertama yaitu, beliau menyampaikan bahwa menurut data Global Warning World, Gen Z merupakan generasi yang kurang beruntung karena akan mengalami permasalahan ekonomi. Sehingga Gen Z harus dapat melakukan pengelolaan harta dengan cara berinvestasi. Salah satunya adalah dengan investasi saham namun, dalam berinvestasi ini juga diperlukan untuk menentukan tujuannya. Selanjutnya, menurut narasumber kedua, Gen Z harus mulai meminimalisir dan membuat list apa saja yang menjadi kebutuhan baik kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Galeri Investasi Digital Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal A. Yani ini diharapkan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk terus memajukan Bursa Efek Indonesia.

 

 

Penulis: Gina Melati Ramdini (Manajemen/2021)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *