Crisis Center Universitas Jenderal A. Yani Laksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di Purwakarta

Crisis Center Universitas Jenderal A. Yani Laksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di Purwakarta

(Universitas Jenderal A. Yani) – Pada hari Minggu (27/2), Crisis Center Universitas Jenderal A. Yani (CCU) melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas) dengan tajuk “Cimadang Kampung Mandiri”. Kegiatan tersebut berupa pengecekan kesehatan gratis dan pembukaan sudut baca di Kampung Cimadang RT/RW 30/06, Dusun 3, Desa Pasir Angin, Purwakarta dengan menyerahkan secara simbolis buku bacaan dan mainan edukatif anak kepada Kepala Desa Pasir dan ini menjadi titik awal kegiatan pembangunan desa secara berkelanjutan yang akan dilaksanakan oleh CCU.

Acara tersebut dihadiri oleh masyarakat sekitar beserta Kepala Desa Pasir Angin, Bapak Rohidin, lalu Bapak Darwita selaku penyedia tempat kegiatan, Ketua RW 06, Ketua RT 30 serta Kodim 0619 Purwakarta. Dalam sambutannya, Kepala Desa meberikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan penyelenggaraan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan harapan agar kegiatan ini dapat terus berkelanjutan. Senada dengan Kepala Desa, perwakilan dari Kodim 0619 Purwakarta juga mengatakan, “Kedatangan dari tim Unjani sangat diharapkan dalam upaya pengembangan masyarakat disini, terlebih Kampung Cimadang menjadi wilayah pedalaman, semoga kegiatan positif seperti ini dapat terus dilaksanakan.”

Sedangkan dari CCU menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini menjadi sebuah momentum dan bisa membawa dampak positif untuk kemajuan Kampung Cimadang. Jumlah personel CCU yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 26 relawan yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan (FITKes), Fakultas Psikologi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), serta didukung oleh tim ahli CCU.

Kampung Cimadang RT/RW 30/06, Dusun 3, Desa Pasir Angin, Purwakarta merupakan kampung yang berada di ketinggian 1.000 meter dari permukaan laut (dpl), kampung tersebut terletak di kaki Gunung Burangrang dengan jumlah penduduk mencapai 130 jiwa (45 KK). Potensi sumber daya alam yang ada di kampung Cimadang meliputi hasil perkebunan seperti perkebunan buah, kopi, sayur-mayur, kopi, cengkeh, dan aren.

Dilihat dari letak geografis yang cukup terpencil, sehingga baik infrastruktur maupun fasilitas publik untuk masyarakat disana pun masih kurang, yang berdampak pada sektor pendidikan maupun kesehatan masih perlu diberikan dukungan. Hal ini yang mendasari CCU menciptakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kampung Cimadang. Dengan diadakannya kegiatan pengecekan kesehatan gratis dapat sekaligus mengedukasi warga sekitar untuk lebih peduli pada kesehatan, dan juga dengan didirikannya sudut baca untuk anak-anak harapannya bisa meningkatkan literasi anak-anak desa menjadi lebih baik.

 

Sumber: Crisis Center Universitas Jenderal A. Yani

Editor: M. Ismail/Humas Universitas Jenderal A. Yani

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *