Universitas Jenderal Achmad Yani Adakan Webinar: Sosialisasi dan Teknis Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Universitas Jenderal Achmad Yani Adakan Webinar: Sosialisasi dan Teknis Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

(Universitas Jenderal A. Yani) – Guna meningkatkan motivasi dan pemahaman dosen beserta mahasiswa, Universitas Jenderal Achmad Yani melalui Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama mengadakan Webinar : Sosialisasi dan Teknis Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada Rabu (09/03) melalui platform Zoom Meeting. Webinar ini cukup menarik antusias para peserta dengan total partisipan sebanyak 400 peserta.

Acara webinar dibuka oleh Wakil Rektor 3 Universitas Jenderal Achmad Yani, dr. Dewi Ratih Handayani, M.Kes. yang juga menyampaikan harapannya bahwa diharapkan pada tahun ini banyak proposal PKM yang bisa masuk pimnas. dr. Dewi pun menyampaikan bahwa dilihat dari data tahun 2020 dan 2021 ada peningkatan terkait jumlah proposal yang diterima.

Masuk ke bagian inti acara, pemaparan materi dibawakan oleh Dr. apt. Fikri Alatas, S.Si., M.Si. selaku Pembimbing PKM juga Reviewer Nasional PKM. Dr. apt. Fikri membahas mengenai sosialisasi PKM, sistematika penyusunan proposal beserta kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi, dan pendanaan. PKM ini merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan kreativitas mahasiswa. Kriteria PKM terdiri dari 8 bidang dengan 2 bidang insentif, yaitu PKM-R (Riset), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-PM (Pengabdian Masyarakat), PKM-PI (Penerapan Iptek), PKM-KC (Karsa Cipta), PKM-VGK (Video Gagasan Konstruktif), PKM-GFT (Gagasan Futuristik Tertulis), PKM-AI (Artikel Ilmiah). Dan jika dilihat dari kondisi sekarang, tahun ini pelaksanaan pimnas kemungkinan akan terlaksana secara offline, begitu pula untuk PKM-R akan dilakukan riset atau penelitian secara offline. PKM 8 bidang tahun 2022 ini juga untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan total pendanaan 6-10 SKS dengan sistem konversi SKS menyesuaikan mata kuliah yang sesuai dengan PKM.

Selanjutnya, pemaparan materi kedua dibawakan oleh apt. Faisal Hermanto, S.Si., M.Si. selaku Pembimbing PKM juga Ketua Pengelola PKM. apt. Faisal menyampaikan mengenai tahapan pelaksanaan PKM yang diawali dengan persiapan, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan, monitoring, dan diakhiri dengan laporan. Pada pembagian klaster universitas, Universitas Jenderal Achmad Yani berada pada klaster III dengan total jumlah maksimal proposal PKM 8 bidang adalah 125 proposal.

Acara webinar ini dimoderatori oleh Dr. Arlan Siddha, S.IP., M.A. selaku Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jenderal Achmad Yani. Acara pun berjalan lancar dan sangat interaktif dengan adanya pertanyaan-pertanyaan dari para peserta, baik mahasiswa maupun para dosen.

 

Penulis: Salsabyla Fitrian Shidiq (Farmasi 2019)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *