Mahasiswa Penganut Agama Katolik Ikuti PPAK Tahun 2022

Mahasiswa Penganut Agama Katolik Ikuti PPAK Tahun 2022

(Universitas Jenderal A. Yani) – Program Pembinaan Agama dan Karakter (PPAK) merupakan sebuah kegiatan keagamaan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Universitas Jenderal A. Yani TA 2021/2022 dari berbagai agama termasuk Katolik. Dalam rangka membina kerohanian serta membentuk karakter, diadakan PPAK Agama Katolik yang berlangsung secara online pada hari Rabu (16/3) melalui platform Zoom Meeting.

Pada pembinaan Katolik ini, diadakan penyampaian materi oleh Pastor Yulianus Yaya Rusyadi, OSC atau yang biasa disapa Romo Yaya. Beliau merupakan seorang Pastor atau Pemuka Agama Katolik yang berasal dari Paroki St. Ignatius, Keuskupan Bandung (Cimahi, Jawa Barat).

Yang disampaikan oleh Romo Yaya adalah mengenai liturgi yang mengakar, mekar dan berbuah. Makna dari liturgi yaitu ibadat peyembahan yang dilakukan oleh Tubuh Mistik Kristus secara keseluruhan, yaitu kepala (Yesus Kristus) dan anggota-anggotanya (umatnya). Lalu untuk membuat liturgi tersebut mengakar dapat diawali dengan memahami yang dirayakan yaitu misteri Paskah Kristus, dilanjutkan dengan memahami dan menghayati liturgi, dan dimekarkan dengan dibawa dalam kehidupan sehari-hari. Adapun penyampaian mengenai penerapan makna Ekaristi sebagai sakramen dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah penyampaian materi berakhir, dilanjutkan dengan diskusi antara peserta PPAK dengan Romo Yaya, dan ditutup dengan doa bersama.

 

Penulis: Salma Fithri Khaerani – (Manajemen – 2021)

Fajar Mulya Utama – (Teknik Elektro – 2019)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *