Membentuk Karakter Mahasiswa Baru dalam Program Pembinaan Agama Islam Bersama ESQ

Membentuk Karakter Mahasiswa Baru dalam Program Pembinaan Agama Islam Bersama ESQ

(Universitas Jenderal A. Yani) – Dalam membentuk karakter mahasiswa Universitas Jenderal A. Yani TA 2021/2022, Universitas Jenderal A. Yani mengadakan kegiatan ESQ (Emotional and Spiritual Quontient) yang dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini berlansung pada hari rabu (16/3) mulai pukul 08.00 sampai 11.00 WIB dan dihadiri oleh semua mahasiswa Muslim TA 2021/2022 Universitas Jenderal A. Yani.

Kegiatan diawali dengan pembacaan tilawah ayat suci Al-Qur’an, kemudian dilanjut dengan sambutan oleh Ketua Umum DKM Nurul Iman serta Pembina DKM Nurul Iman Universitas Jenderal A. Yani Kampus II Bandung, H Dedi Supendi, Drs., S.T., MT. Lalu dilanjutkan dengan sesi materi yang disampaikan oleh Coach Satria Ramdani dari Tim ESQ. Selain itu, adanya acara ini bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa melalui penggabungan tiga potensi manusia yaitu kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.

Dalam arahan Coach Satria Ramdani, beliau menyampaikan ketiga potensi tersebut terpisah dan tidak didayagunakan secara optimum untuk membangun sumber daya manusia. Akibatnya, terjadi krisis moral yang berdampak pada turunnya kinerja. Lebih buruk lagi, mereka menjadi manusia yang kehilangan makna hidup serta jati dirinya. Pada kegiatan ini juga diberikan materi renungan atau biasa disebut materi Aktivasi Kesadaran Diri, dimana materi itu bertujuan guna memberikan renungan pada peserta mengenai kesalahan apa saja yang telah dilakukan baik sengaja maupun tidak. Dalam materi tersebut para mahasiswa juga diberikan pemahaman tentang karunia Allah SWT kepada umatnya yang begitu banyak, namun tidak pernah disyukuri oleh manusia. Acara diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh Coach Satria Ramdani.

 

Penulis: Firman Kirana Moedani – (Ilmu Pemerintahan/2019) & Boyke Ananda – (Teknik Industri/2020) – UKMI Al-Hidayah

Editor: M. Ismail

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *