Crisis Center Universitas Jenderal A. Yani Gelar Pelatihan PFA

Crisis Center Universitas Jenderal A. Yani Gelar Pelatihan PFA

(Universitas Jenderal A. Yani) – Pada hari Minggu (20/3), Crisis Center Universitas Jenderal Achmad Yani (CCU) telah melaksanakan pelatihan Psychological First Aid (PFA). PFA atau Pertolongan Psikologis Pertama (P3) dideskripsikan sebagai sebuah respons yang bersifat manusiawi dan supportif kepada sesama manusia yang sedang menderita atau memerlukan dukungan (Sphere, 2011 & IASC, 2007).

Dengan fokus utama dari CCU pada Krisis Kemanusiaan dan Bencana Alam. Pelatihan PFA ini menjadi wadah bagi para pengurus serta relawan agar lebih siap dalam menghadapi situasi dan kondisi saat terjun ke bencana alam dan krisis kemanusiaan lainnya. Pada pelatihan ini materi yang diberikan berupa, pengenalan apa itu PFA, bagaimana seseorang dapat membantu dengan bertanggung jawab, hal-hal apa saja yang dapat dilakukan dalam PFA ini.

Selain itu, juga cara untuk peduli pada diri sendiri dan rekan kerja. Sebagai relawan kita harus peduli dengan keadaan fisik maupun psikis korban. Dengan pelatihan ini relawan akan mendapatkan wawasan yang lebih luas dalam menangani korban saat terjun ke lapangan.

 

Sumber: Crisis Center Universitas Jenderal A. Yani

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *