Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Jenderal Achmad Yani 2022

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Jenderal Achmad Yani 2022

(Universitas Jenderal A. Yani) – Sebanyak 20 mahasiswa menjadi perwakilan dari berbagai Fakultas Universitas Jenderal Achmad Yani untuk menjadi peserta dalam acara Pembukaan Kegiatan Presentasi, Penjurian, dan Penilaian Karya Tulis Ilmiah PILMAPRES Tahun 2022 pada Kamis (24/03).

Diawali dengan pembukaan pada pukul 07.45 Kemudian, sambutan diberikan oleh Dewi Ratih Handayani, dr., M.Kes selaku Wakil Rektor III Universitas Jenderal Achmad Yani. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tujuan diadakan kompetisi PILMAPRES ini adalah untuk menjaring mahasiswa berprestasi agar dapat menjadi perwakilan Universitas Jenderal Achmad Yani di ajang tingkat LLDIKTI, dan diharapkan juga masuk ke tingkat Nasional. Beliau menyampaikan juga bahwa acara ini adalah acara bergengsi karena tidak semua mahasiswa dapat lolos pada tahap presentasi ini.

Seleksi PILMAPRES ini dilakukan dari tingkat Prodi, Fakultas, sampai akhirnya masuk di tingkat Universitas. Terdapat tiga tahap seleksi yaitu Ko-Kurikuler, TOEFL, dan Psikotes. Peserta yang mengikuti PILMAPRES ini juga akan mendapatkan penghargaan dari Fakultas dan sertifikat dari Universitas.

Tepat pada pukul 08.00 WIB, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama Wakil Rektor III Universitas Jenderal Achmad Yani yaitu Dewi Ratih Handayani, dr,.M.Kes,  Dewan Juri dan para peserta.

Memasuki acara inti, Kabiro Kemahasiswaan dan Alumni UNJANI, Dr. Arlan Siddha, S.IP, M.A. meyampaikan pemaparan terlebih dulu. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan perihal teknis dari PILMAPRES 2022. Selanjutkan, dilanjutkan dengan Presentasi, Penjurian, dan Penilaian Karya Tulis Ilmiah PILMAPRES 2022. Sebelum memasuki ruangan presentasi, para mahasiswa terlebih dulu memasuki ruangan 1 untuk mengikuti test Ko-Kurikuler. Setelah itu, mahasiswa memasuki ruangan 2 untuk melakukan presentasi.

Gusti Verhan Pratama (Teknik Metalurgi), Nur Fadillah (Teknik Kimia), dan Zahra Dina (Hubungan Internasional) menyampaikan perasaannya sebelum dan sesudah presentasi. Pada saat sebelum mulai presentasi, mereka merasakan perasaam tegang. Namun, setelah presentasi mereka lewati, mereka merasakan rasa lega. Mereka juga menyampaikan harapannya dalam mengikuti PILMAPRES ini yaitu ingin mendorong dan mendukung mahasiswa agar dapat aktif di dalam dan di luar kegiatan kampus, yaitu seperti  berpartisipasi di lingkungan masyakarat. Karena sebagai mahasiswa pada dasarnya akan kembali ke masyarakat.

 

Penulis : Gina Melati Ramdini – (Manajemen – 2021)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *