Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan, Warga Universitas Jenderal Achmad Yani Ikuti Ceramah Rohani

Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan, Warga Universitas Jenderal Achmad Yani Ikuti Ceramah Rohani

(Universitas Jenderal A. Yani) – Para staf dan keluarga besar Universitas Jenderal Achmad Yani mengikuti kegiatan ceramah dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan pada hari Jumat (25/3) di Masjid Al-Hidayah Universitas Jenderal Achmad Yani. Kegiatan diawali dengan Tilawah oleh Ustadz Miftahul Huda dan dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan dari Pembina UKMI Al-Hidayah Universitas Jenderal A. Yani, Dr. Luqman Munawar Fauzi, S.IP., M. Si.

Beliau menyebutkan bahwa kegiatan ceramah ini dilaksanakan agar kita menjadi umat mulim dan Muslimah yang baik dan melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan ini dengan penuh barokah. Selanjutnya adalah pemberian materi yang dibawakan oleh Dr. H. Tata Sukayat, M.Ag. Dalam pemberian materi, beliau menyebutkan bahwa Ramadhan secara bahasa artinya panas yang berarti membakar, karena puncak panas berada pada bulan panas yang dimaksud disini adalah membakar/menghapus kesalahan dan dosa yang telah kita lakukan selama ini.

Beliau mengilustrasikan bulan suci ini sebagai universitas yang disebut juga Universitas Ramadhan. Universitas ini mengumpulkan peserta didik yang memenuhi syarat tertentu. yang pertama adalah mukminin atau beriman yang berarti meyakini dalam hati dan dibuktikan dengan syahadat dan siap mengamalkan dalam perbuatan. Kedua adalah mukhlisin yaitu menjadi orang yang ikhlas kepada Allah SWT. maka hal utama yang harus kita siapkan sebelum memasuki Universitas Ramadhan adalah menyiapkan diri kita agar pantas menjadi orang yang beriman dihadapan Allah SWT.

Selanjutnya beliau menyebutkan bahwa Universitas Ramadhan ini merupakan ajang pembelajaran kepada kita semua untuk merasakan apa yang dirasakan oleh para fakir miskin yang kelaparan setiap harinya. dari situlah kita memulai rasa simpati dan saling mengerti antar satu sama lain.

Beliau juga menyebutkan bahwa pada Universitas Ramadhan, ada dua perintah yang digandengkan di bulan Ramadhan ini, yaitu bertakwa kepada Allah dan melangsungkan silaturahim. kita harus selalu mengingat kebaikan orang lain terhadap kita dan tidak boleh membicarakan keburukan orang-orang baik didepan maupun dibelakangnya. Sehingga kita harus terus berusaha menjadi lebih baik lagi sampai akhirnya kita mendapatkan gelar takwa

 

Penulis: Shabila Pridadindya – (Hubungan Internasional – 2021) & Diva Devina Suphia _ (Ilmu Keperawatan – 2021)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *