FK Universitas Jenderal A. Yani Selenggarakan PIT ke XIII

FK Universitas Jenderal A. Yani Selenggarakan PIT ke XIII

(Universitas Jenderal A. Yani) – Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani bekerja sama dengan Ikatan Alumni FK UNJANI kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah Tahunan (PIT) FK UNJANI yang ke-XIII. Kegiatan ini berupa seminar dan workshop bertaraf Internasional yang berlangsung selama 3 hari, yaitu Jumat-Minggu, 25-27 Maret 2022 di Holiday Inn Hotel Pasteur, Bandung. Acara ini terselenggara dengan sukses atas dukungan dari Rektorat, Fakultas, dan POMA FK UNJANI, serta pihak sponsor, antara lain PT. Wijaya Karya, PT. Mepro, PT. Triton Manufactures, Bank Nasional Indonesia (BNI), PT. Java Medika Utama, dan PT. Kalbe Farma.

Kegiatan dibuka oleh Rektor UNJANI, Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D, dan Dekan Fakultas Kedokteran UNJANI, Dr. Sutrisno, dr., SH., MARS., M.H.Kes. Acara juga dihadiri oleh Ketua IDI Jawab Barat, Dr. Eka Mulyana, SpOT., FICS., M.Kes., SH., M.H.Kes. Dalam sambutannya, Dekan menekankan pentingnya update ilmu dan keterampilan klinis bagi para dokter khususnya pada era pandemi dan setelah pandemi Covid19. Beliau menambahkan, universitas sebagai tempat menimba ilmu harus mendukung perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang kesehatan, yang diimplementasikan dengan penyelenggaraan PIT FK UNJANI secara konsisten setiap tahunnya.

Sebanyak 350 dokter dari seluruh Indonesia dan luar negeri berpartisipasi dalam acara ini. Ketua Panitia PIT XIII FK UNJANI 2022, dr. Fitriardi Sejati, SpB, FinaCS mengatakan, acara ini mengambil tema “Update in Emergency and Daily Medicine During and After Pandemic Era”. Seminar diawali dengan keynote speech dari Dr. Hj. Sunarjati Sudigdoadi, dr., MS., Sp.MK dilanjutkan dengan sesi paparan dari para pembicara pakar di tingkat nasional seperti Prof. DR. Dr. Tatang Bisri, SpAn, KNA, KAO, Dr. dr. Reno Rudiman, Sp.B-KBD, M.Sc, FCSI, FICS, dan Dr. dr. Gaga Irawan Nugraha, M.Gizi., Sp.GK. Symposium ini juga menghadirkan para pakar internasional seperti Dr. Soubhagya Ranjan Tripathy, M.Ch. Neurosurgery, Dr. Lailana Purvis MD. MSc. OHS, dan Rosalba Russo, MD. Para alumni FK UNJANI yang saat ini telah menjadi pakar di berbagai cabang ilmu kedokteran juga turut serta menjadi pembicara. Topik yang dibawakan pada symposium ini antara lain vaksin Covid-19, risiko stroke dan gangguan neuropsikiatri pasca Covid-19, efek Covid-19 pada pekerja, dan masih banyak lagi. Pada acara ini juga dilaksanakan online dan parallel hands on workshop untuk para peserta.

Acara ini juga merupakan implementasi kerjasama antara FK UNJANI dengan MAHSA University, Malaysia. Dekan Faculty of Medicine MAHSA University, Prof Dr Rusli Bin Nordin, turut hadir untuk menyapa para peserta di hari pertama acara. Seminar ini juga merupakan media publikasi bagi 83 hasil penelitian mahasiswa dan dosen FK UNJANI, serta berbagai universitas nasional lainnya untuk selanjutnya dipublikasikan pada prosiding internasional terindeks, jurnal nasional, dan jurnal internasional. Di samping seminar, PIT XIII FK UNJANI 2022 juga menghadirkan Expo farmasi, alat-alat kesehatan, serta buku-buku kedokteran.

PIT FK UNJANI merupakan kegiatan ilmiah yang awalnya diselenggarakan secara konsisten setiap 2 tahun sekali. Sejak tahun lalu, PIT FK UNJANI rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Kegiatan ini menjadi ajang temu ilmiah bagi seluruh stakeholders seperti peneliti, akademisi, industri, serta praktisi untuk berbagi ilmu dan pengalaman, serta memfasilitasi munculnya karya-karya kreatif dan inovatif di bidang ilmu kedokteran dan kesehatan.

 

Sumber: FK Universitas Jenderal A. Yani

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *