Perjanjian Kerja Sama Universitas Jenderal A. Yani dengan Dislitbangad

Perjanjian Kerja Sama Universitas Jenderal A. Yani dengan Dislitbangad

(Universitas Jenderal A. Yani) – Guna memperkuat fungsi penelitian dan pengembangan, Universitas Jenderal A. Yani jalin kerjasama dengan TNI Angkatan Darat. Dalam hal ini, TNI Angkatan Darat melalui Dinas Penelitian dan Pengembangan AD (Dislitbangad) dan dilaksanakan pada hari Minggu (27/3). Kegiatan ini bertempat di Aula Gedung Lab. Dislitbangad, Batujajar, Kab. Bandung Barat.

Acara langsung memasuki bagian inti yaitu penandatanganan PKS antara Universitas Jenderal A. Yani dengan TNI Angkatan Darat. Yang ditandatanganin langsung oleh Rektor, Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D, dan Kadislitbangad, Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M.

Setalah penandatanganan PKS, Rektor menyampaikan bahwa Universitas Jenderal A. Yani menyambut baik perjanjian kerja sama ini. Perjanjian ini merupakan implemantasi triple hance, universitas harus bermakna bagi industri dan industri harus bermakna bagi masyarakat, triple hance diwujudkan dengan cara kerja sama universitas yang bisa melakukan suatu penelitian.

Harapannya bisa diproduksi secara masal dari TNI Angkatan Darat yang akan dilakukan pengadaan melalui Kementerian Pertahanan. Universitas Jenderal A. Yani merupakan bagian dari TNI Angkatan Darat, maka akan berupaya untuk relevan dengan keberadaan TNI Angkatan Darat. Menyambut PKS ini merupakan arahan dari pimpinan TNI Angkatan Darat, bahwa Universitas Jenderal A. Yani harus mempunyai label seperti Naval Post Graduate School di Amerika Serikat.

Pada kesempatan yang sama, Kadislitbangad juga menyampaikan bahwa tujuan PKS ini untuk mewujudkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Jenderal A. Yani dalam Penguatan Fungsi Penelitian dan Pengembangan Dislitbang TNI Angkatan Darat dan meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM serta peningkatan kemampuan organisasi. Harapan Kadislitbangad yaitu, PKS ini menjadi momentum untuk mambangun serta mengembangkan riset dan inovasi teknologi untuk mendukung pencapaian tugas pokok TNI Angkatan Darat.

Rangkaian kegiatan selanjutnya, Rektor dan Kadislitbangad berkesempatan untuk meninjau dan memmbuka bazar pasar murah serta melihat alutsista hasil pengembangan dari TNI Angkatan Darat. Selain itu, Rektor beserta Kadislitbangad juga menyempatkan untuk berbincang dengan para Purnawirawan dari Dislitbangad. Selain Rektor dan Kadislitbangad, acara ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Kapus LPPM, Dekan FT, Dekan FTM, Wakil Dekan III FSI, Kepala Biro Kerjasama, Kepala Pelayanan Akademik, dan Kepala Bagian Kemitraan. Dari tamu militer, hadir juga Ka. Lab. Dislitbangad, Wadanpusdikpassus, dan para pejabat teras Dislitbangad.

 

Penulis : Salma Fithri Khaerani (Manajemen – 2021)

Editor: M. Ismail

 

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *