Dalam Rangka MBKM, FISIP Universitas Jenderal A. Yani Tandatangani Naskah Kerjasama Dengan FK-DKISIP

Dalam Rangka MBKM, FISIP Universitas Jenderal A. Yani Tandatangani Naskah Kerjasama Dengan FK-DKISIP

Universitas Jenderal A. Yani – Hari Selasa, (29/3) Universitas Jenderal A. Yani melaksanakan tanda tangan kerjasama dengan FK-DKISIP (Forum Komunikasi Dekan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) dalam rangka MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) di Gedung Jenderal TNI Mulyono FISIP Universitas Jenderal A. Yani secara hybrid.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FISIP UNJANI Dr. Agus Subagyo, S.IP., M.Si., Ketua Umum FK-DKFISIP Prof. Dr. Samugyo I. Redjo, MA., Sekjen FK-DKFISIP Drs. Tatang Sudrajat, S.IP., M.Si., Bendahara Umum FK-DKFISIP Drs. Denny Hermawan, MA. dan juga 170 Kampus se-Indonesia dengan perwakilan secara offline sebanyak 40 kampus dan secara online sebanyak 130 kampus, diantaranya Universitas YAPIS Papua (Jayapura), Universitas Bung Karno (Jakarta), Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) (Jakarta), Universitas Nasional (Jakarta), Universitas Al-Muslim (Aceh), dan lainnya.

Rangkaian awal kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Dekan FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani Dr. Agus Subagyo, S.IP., M.Si. Dalam sambutannya, beliau memberikan ucapan terima kasih kepada para panitia dan seluruh pihak yang turut membantu dalam mensukseskan kegiatan ini. Selain itu beliau juga menyebutkan, “Kami atas nama tuan rumah juga mengucapkan terima kasih pada kesempatan ini dan kami FISIP UNJANI berkomitmen mendukung program dan kegiatan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) FK-DKISIP yang dijalankan oleh pengurus pada periode 2021-2025 dibawah kepemimpinan bapak Prof. Dr. Samugyo I. Redjo, MA.”

Selanjutnya, sambutan dari Ketua FK-DKISIP yakni Prof. Dr. Samugyo I. Redjo, MA yang dalam sambutannya menyebutkan “Saya berharap yang kuat memberdayakan yang lemah, kita saling memajukan kampus di Pulau Jawa dengan cara bekerja sama bersama kampus di luar Pulau Jawa. Oleh karena itu, Dengan diadakannya Kerja sama, kita harus saling bertoleransi dan bergotong royong sehingga Kita akan maju bersama-sama.”

Selain itu, dilansir dari Lintasjabar.com, selain sebagai wadah silaturahmi, diselenggarakannya Pertemuan Nasional ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama dan kolaborasi antar FISIP dari berbagai PTS yang tergabung dalam FK-DKISIP. Salahsatunya dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi. Alhasil, dari pertemuan ini para Dekan FISIP yang tergabung dalam FK-DKISIP melakukan Penandatanganan Naskah Kerjasama atau Memorandum of Agreement (MoA) Diskusi Program MBKM dan Persiapan Konferensi Internasional. Inti dalam naskah kerjasama tersebut, meliputi kerjasama di pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Guna mendukung dan mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang sudah berjalan selama 2 tahun terakhir.

Sementara itu, dilansir dari Zonabandung.com, Sekjen FK-DKISIP Drs. Tatang Sudrajat S.IP, M.Si menjelaskan, pertemuan Nasional ini sebagai salahsatu bentuk ikhtiar dari pengurus pusat FK-DKISIP untuk mempertemukan para Dekan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (ISIP), untuk membahas kerjasama dalam program MBKM. Melalui pertemuan nasional ini menjadi wadah untuk tukar menukar pengalaman, sharing gagasan. “Yang maju mendorong yang kurang maju, yang kurang maju bertanya kepada yang sudah maju. Dengan cara diskusi dan brain storming tentang pengalaman program MBKM,” imbuhnya. Forum Komunikasi ini, lanjut Drs. Tatang, diharapkan agar bagaimana masing-masing fakultas di bidang sosial dan politik dari perguruan tinggi swasta di seluruh Indonesia dapat maju bersama.

Disela-sela kegiatan, Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D.  berkesempatan hadir secara online dan mengucapkan selamat datang untuk para peserta dan memberikan harapan terhadap kerjasama ini. Beliau menyebutkan, “Saya berharap kita bisa melakukan pengembangan ke lembaga.” Rangkaian akhir dari acara ini yaitu dengan penyerahan sertifikat dan ditutup dengan sesi foto bersama.

 

Sumber: FK-DKISIP Gelar Pertemuan Nasional Dekan FISIP se- Indonesia – Zona Bandung

Dukung Program MBKM, Pertemuan Nasional FK-DKISIP Perkuat Kerjasama dan Kolaborasi Antar FISIP – Lintas Jabar

Penulis: Lola Ivana Amelinda (Kimia 2019) & Retno Arum Puspitasari (Ilmu Hukum 2020)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *