FK Universitas Jenderal A. Yani Adakan Vaksinasi Booster Covid-19

FK Universitas Jenderal A. Yani Adakan Vaksinasi Booster Covid-19

(Universitas Jenderal A. Yani) – Dalam rangka menanggulangi Covid-19 dan mempercepat vaksinasi, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal A. Yani menyelenggarakan vaksinasi booster Covid-19 pada hari Kamis (31/3). Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.10 WIB di Gedung dr. Sutan Dikot Harahap FK Universitas Jenderal A. Yani dan dilaksanakan dalam rangka Pengabdian kepada Masarakat (Pengmas).

Ketua Pelaksana Vaksinasi Booster, dr. Asti Kristianti, Sp.THT-KL., beliau mengucapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah yang menganjurkan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi ke-3 atau booster. Kegiatan ini bekerjasama dengan Polres Cimahi dan vaksinasi ini difasilitasi tidak hanya untuk keluarga besar Universitas Jenderal A. Yani tetapi bisa untuk masyarakat umum.

Menurutnya, masyarakat yang berhak mendapatkan vaksin booster ini yang sudah melakukan vaksinasi sebanyak 2 kali dalam jangka waktu 3 bulan setelah melakukan vaksinasi ke-2. Jika pernah terpapar Covid-19, bisa melakukan vaksin booster ini dalam jangka 1 bulan setelah dinyatakan negatif dengan syarat gejala ringan. Apabila bergejala sedang hingga berat, dapat melakukan vaksin dalam jangka waktu 3 bulan atau lebih terhitung dari dinyatakan negatif.

Selain itu, menurut Bripda Firman Nugraha dari Pusdokkes Polres Kota Cimahi menyampaikan bahwa target vaksinasi ini sebanyak 1.500 dosis dengan jenis vaksin AstraZeneca. Tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk menanggulangi virus Covid-19 dan aturan pemerintah yang terbaru sebagai syarat untuk dapat mudik.

Setelah itu, ada himbauan dari dr. Iis Inayati., M.Kes., yaitu untuk yang belum mendapat vaksinasi ke-3 ini untuk segera melakukan vaksin karena untuk mencegah virus Covid-19. Bagi yang sudah mendapat vaksinasi ke-3 tetap menjaga protokol kesehatan walaupun sudah melakukan vaksin ke-3 ini. Vaksinator dalam kegiatan ini yaitu dari para Dosen FK Universitas Jenderal A. Yani dan para Dokter Muda (Co-as.).

 

Penulis: Salma Fithri Khaerani (Manajemen – 2021) &   Lola Ivana Amelinda (Kimia – 2019)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *