Bidang III Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Pelatihan Konseling Bagi Dosen Wali

Bidang III Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Pelatihan Konseling Bagi Dosen Wali

(Universitas Jenderal A. Yani) – Pada hari Senin, (6/6) Bidang III Universitas Jenderal A. Yani mengadakan pelatihan bagi seluruh dosen wali dilingkungan Universitas Jenderal A. Yani mengenai mahasiswa dan permasalahannya. Kegiatan ini diadakan secara online menggunakan platform Zoom meeting dan diisi oleh dua pemateri yaitu Dr. Vera Angliani Juwita dan Dr. dr. Arlisa Wulandari, Sp.KJ., M.Kes.

Materi yang dibawakan oleh Dr. Vera Angiani Juwita adalah ”Kenal Mahasiswa Kita?” dan dibuka dengan diskusi mengenai pengalaman dosen wali dengan permasalahan yang sering dihadapi oleh mahasiswanya dan cara wali dosen dalam mengatasi permasalahannya. Kemudian, disampaikan isi materi yaitu ciri mahasiswa bermasalah diantaranya perubahan perilaku dan sikap, prestasi akademik menurun, dan menarik diri dari pergaulan (tidak terlibat relasi dengan orang lain dan sering tidak masuk sekolah). Dan yang dapat dilakukan dosen wali diantaranya membuka komunikasi, menjamin kerahasiaan informasi dari mahasiswa, mendengarkan dengan empati, mengidentifikasi masalah penting yang disampaikan mahasiswa, lakukan evaluasi nilai kondisi mental mahasiswa dan mewaspadai tendensi melukai diri.

Kemudian materi ”Konseling pada Mahasiswa” yang dibawakan oleh Dr. dr. Arlisa Wulandari, Sp.KJ., M.Kes. Materi ini dimaksudkan untuk apa saja yang harus dilakukan ketika dosen wali memberikan konseling pada mahasiswa. Dikarenakan gangguan psikiatrik tidak terlihat tetapi menyebabkan penderitaan, melemahkan, berdampak jangka panjang dan bisa merugikan orang lain. Dijelaskan sikap dosen wali dalam konseling yaitu respek, tidak menghakimi, memberikan perhatian, tenang, mau mendengar dan suportif dalam menghadapi mahasiswa. Lalu kegiatan diakhiri sesi tanya jawab dari peserta kepada pemateri.

 

Penulis: Fajar Mulya Utama (T.Elektro-2019)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *