Bidang Kemahasiswaan Universitas Jenderal A. Yani Adakan Pelatihan Peer Counselor

Bidang Kemahasiswaan Universitas Jenderal A. Yani Adakan Pelatihan Peer Counselor

Universitas Jenderal A. Yani – Bidang Kemahasiswaan Universitas Jenderal A. Yani, bekerjasama dengan Fakultas Psikologi dan Fakultas Kedokteran mengadakan kegiatan “Pelatihan Peer Counselor” pada hari Selasa tanggal (07/06) pukul 08.00 WIB di Ruang Kelas Lantai 3 Gedung Fakultas Psikologi. Acara ini dihadiri oleh 29 peserta yang terdiri dari perwakilan dari tiap-tiap fakultas yang masing-masing terdiri dari 3 orang. Misalnya saja ada dari FISIP, Fakultas Farmasi, FITKes, bahkan Fakultas Psikologi dan Fakultas Kedokteran itu sendiri pun turut mengikuti acara ini.

Rangkaian awal kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Wakil Rektor III Universitas Jenderal A. Yani, Dewi Ratih Handayani, dr., M.Kes. Dalam sambutannya beliau menyampaikan tujuan diadakannya Peer Counselor ini adalah untuk menumbuh dan kembangkan kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan yang dialami teman sebayanya serta membangun sikap pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menjalani peran sebagai peer counselor. Selain itu, beliau juga mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesehatan mental para mahasiswa dan dapat membantu rekan sebayanya dalam menghadapi permasalahan psikologis.

Rangkaian selanjutnya yakni penyampaian materi mengenai Perkenalan Peer Counselor oleh orang tenaga pengajar di Fakultas Psikologi yakni Ibu Rina Sari dan Ibu Ditya Indria Sari, S.Psi., M.Psi. dengan materi “Memahami PFA (Psychological First Aid) Micro Skill Counselling”. Rangkaian akhir dari acara ini yaitu dengan dilakukannya praktikum role play menjadi konselor dan konseling. Kemudian, ditutup dengan sesi tanya jawab dengan peserta pelatihan peer counsellor.

 

Penulis : Retno Arum Puspitasari (Ilmu Hukum – 2020) & Paisal Tanjung (Farmasi – 2020)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *