Sharing Session Transformasi Digital dari PT. Telkom dan Tel-U

Sharing Session Transformasi Digital dari PT. Telkom dan Tel-U

(Universitas Jenderal A. Yani) – Untuk menambah kuat sistem ICT, Yayasan Kartika Eka Paksi dan Universitas Jenderal A. Yani melakukan sharing session bersama PT Telkom dan Telkom University. Acara ini dilaksanakan pada Kamis (14/7) dan bertempat di Aula Gedung Jenderal TNI Mulyono FISIP Universitas Jenderal A. Yani.

Kegiatan diawali dengan sambutan dan arahan dari Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D. Beliau mengungkapkan bahwa ada concern yang sangat tinggi dari Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) terkait dengan pembangunan ICT yang berada di Universitas Jenderal A. Yani. Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) sudah melakukan interaksi yang besar untuk pembenahan kampus Universitas Jenderal A. Yani, pembangunan ICT ini diharapkan dapat memberikan inovasi, efisiensi dan pemanfaatan bagi civitas akademik yang dapat dilakukan secara online.

Universitas Jenderal A. Yani juga akan memasuki era hybrid, yang artinya program pendidikan yang diberikan tidak hanya brsifat tatap muka secara fisik tetapi pendidikan juga diselenggarakan secara online. Alutsista yang canggihnya seperti apapun kalau tidak dioperasikan oleh manusia yang canggih maka tidak akan bermanfaat, oleh karena itu Universitas Jenderal A. Yani memiliki pedoman hal tersebut dan menyesuaikan dengan teknologi yang ada.

Dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari perwakilan Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP), Bapak Daddy selaku Kabag Bangdik Biddik YKEP. Beliau menyampaikan maksud dan tujuan diadakanya sharing session ini yaitu untuk mengharapkan suatu masukan-masukan dari narasumber karena ingin Universitas Jenderal A. Yani bisa lebih besar. Selain itu, juga memiliki harapan untuk masukkan yang akan diberikan dapat digunakan dalam kemajuan Universitas Jenderal A. Yani.

Kegiatan selanjutnya yaitu pembacaan doa dan sesi foto bersama, lalu masuk dalam sesi sharing session bersama Telkom University mengenai “Digital Transformation Akselerasi Menuju DigiCampus Universitas Jenderal Achmad Yani” yang dibawakan oleh Bapak Yanuar Firdaus. Beliau menyampaikan mengenai Transformasi Digital 4.0 untuk menyelaraskan dengan target perguruan tinggi. Dilanjutkan dengan tema “Sistem Pengelolaan Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi” yang dibawakan oleh Dr. Ir. Heru Wilianto, M. T. Beliau menyampaikan mengenai tridharma perguruan tinggi, eksosistem pendidikan tinggi, tata kelola dan sistem penjaminan mutu serta transformasi digital untuk peningkatan mutu tata kelola perguruan tinggi.

Setalah waktu istirahat, kegiatan dilanjutkan pada sesi 2 dengan tema “The Key Success of Digital Transformation is Analog” yang dibawakan oleh Ibu Sri Safitri. Dapat dilihat, dari paparan yang disampaikan terdapat hal-hal penting yang bisa disimpulkan. Perkembangan teknologi dan revolusi industri 4.0 saat ini sudah memasuki 5.0. IT akan mendorong perubahan, tetapi yang lebih penting lagi yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) selaku the man behind the gun. Diharapkan, Telkom bisa mengajak Universitas Jenderal A. Yani lebih jauh, tidak hanya pada project ini tetapi juga bisa membuka peluang bagi prodi-prodi yang ada di universitas.

 

Penulis: Salma F. Khaerani (Manajemen/2021)

Editor: Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *