Fakultas Farmasi Universitas Jenderal A. Yani Laksanakan PKM Tentang Pemanfaatan Halaman Rumah untuk TOGA

Fakultas Farmasi Universitas Jenderal A. Yani Laksanakan PKM Tentang Pemanfaatan Halaman Rumah untuk TOGA

(Universitas Jenderal A. Yani) – Universitas Jenderal A. Yani melalui Fakultas Farmasi memberikan penyuluhan mengenai pemanfaatan dan komersialisasi lahan halaman rumah untuk Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Kegiatan ini diselenggarakan di Desa Tani Mulya, Kecamatan Ngamprah, Kab. Bandung Barat pada hari Jumat (29/7) dan merupakan rangkaian dari Pekan Pengabdian kepada Masyarakat yang diadakan oleh Universitas Jenderal A. Yani dalam rangka Dies Natalis ke-32.

Penyuluhan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Jenderal A. Yani, Dr. Apt. Fahrauk Faramayudha, S.Si., M.Sc. Beliau memiliki tujuan agar warga masyarakat dapat menanam tanaman sendiri di rumah serta dapat dimanfaatkan dan akan dijadikan sentral tanaman obat sehingga dapat meningkatkan pendapatan perkapita dari keluarga. Selanjutnya kegiatan pengisian form kuisioner oleh masyarakat yang hadir dengan tujuan untuk mengukur kepahaman masyarakat mengenai TOGA.

Setelah itu, masuk ke bagian inti acara yakni penyuluhan mengenai TOGA oleh empat pemateri dari Fakultas Farmasi Universitas Jenderal A. Yani. Keempat pemateri tersebut yaitu Dr. apt. Soraya Riyanti, M.Si., apt. Ririn Puspadewi, M.Si., apt. Puspa Sari Dewi, M.Si., apt. Suci Narvikasari, M.Si. Materi yang diberikan sangat difokuskan pada TOGA diantaranya kriteria tanaman yang dapat ditanam di daerah sekitar rumah, fungsi TOGA, efektivitas TOGA, pengunaaan TOGA serta jenis-jenis tanaman yang dapat ditanaman dirumah seperti jeruk nipis, sirih, cecendet, sirih merah, binahong, sirsak, brotowali, kunyit, dan lain-lain. Kegiatan penyuluhan ini diakhiri dengan sesi diskusi serta pemberian hadiah dan foto bersama antara Fakultas Farmasi dengan masyarakat.

 

Penulis: Salma Fithri Khaerani (Manajemen – 2021)

Editor: M. Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *