D3 Kebidanan FITKes Universitas Jenderal A. Yani Adakan Pelatihan HBB

D3 Kebidanan FITKes Universitas Jenderal A. Yani Adakan Pelatihan HBB

Universitas Jenderal A. Yani – Program Studi Kebidanan (D3) mempunyai visi untuk menghasilkan lulusan yang inovatif dan berkarakter unggul. Komitmen yang kuat Prodi Kebidanan (D3) untuk membekali pada lulusannya dengan kemampuan berdaya saing dan unggul saat di dunia kerja. Salah satu upaya yang dilaksanakan Program Studi Kebidanan (D3) adalah dengan melaksanakan pelatihan Program Helping Babies Breathe (HBB).

Program Helping Babies Breathe (HBB)/Membantu Bayi Bernafas adalah program menekankan pada kehadiran penolong yang terampil saat mendampingi kelahiran, penilaian setiap bayi, dukungan/bantuan dari keluarga ibu yang akan melahirkan, persiapan berbagai peralatan yang dibutuhkan, suasana ruangan dan ventilasi sesuai kebutuhan. Pada saat persalinan sebagian besar masyarakat meminta pertolongan Bidan sehingga dituntut mempunyai kompetensi dalam pertolongan bayi segera setelah lahir, khususnya yang membutuhkan bantuan nafas.

Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Perhimpunan Perinatologi Indonesia (PERINASIA) wilayah Pusat dan Jawa Barat dengan Pelatih yang dipimpin oleh Koordinator Program Helping Babies Breath (HBB) yaitu dr. Aris Primadi, Sp.A (K). Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 39 mahasiswa tingkat III yang telah selesai dalam program akademik. Tujuan kegiatan ini adalah memfasilitasi mahasiswa dalam kemampuan professional seorang Bidan Vokasi dalam melakukan tatalaksana pada bayi baru lahir yang membutuhkan bantuan pernafasan.

Pelatihan HBB dilaksanakan pada hari Sabtu (06/08) di Gedung G FITKes Universitas Jenderal A. Yani dan diikuti dengan antusias oleh para peserta yang hadir.

 

Sumber: D3 Kebidanan FITKes Univ. Jenderal Achmad Yani

Editor: Ismail

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *